Dari Jawa Timur, Rawon Menyebar ke Sejumlah Tempat di Jawa Tengah. Mana Saja?

Dari Jawa Timur, Rawon Menyebar ke Sejumlah Tempat di Jawa Tengah. Mana Saja?
Rawon. (Fimela)

Bagi pencinta kuliner Jawa, rawon tentu bukan masakan yang asing di lidah. Masakan dari Jawa Timur ini memiliki banyak penggemar yang tersebar hingga ke luar provinsi seperti Jawa Tengah. Kamu yang berada di Jateng, tahukah di mana saja kamu bisa menjumpai masakan lezat ini?

Inibaru.id – Kuah hitam kecokelatan dan potongan daging sapi yang menggiurkan, begitulah rawon menjadi kuliner favorit semua kalangan. Kendati berasal dari Jawa Timur, masakan yang mengandung pelbagai rempah-rempah ini telah menyebar ke Jawa Tengah. Rasanya yang enak bikin sebagian orang ketagihan.

Di Jawa Tengah, penyebaran rawon sudah sampai di Kota Solo. Nggak sulit menemukan rawon di kota budaya ini. Selain di Solo, rawon juga dijumpai di pelbagai wilayah di sekitarnya. Boyolali, Purwodadi, dan Rembang memiliki rumah makan yang menyediakan masakan ini.

https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/dVobj7xDpwZI9jYLVMn6d3PPVIc=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/957894/original/094039300_1439802470-foodsoe3bdg-klik-eat.jpg

Rawon. (Liputan6.com)

Itu saja? Tunggu dulu! Kendati jarang dijual, rawon bisa pula ditemukan di Kabupaten Blora dan mungkin tersebar hingga seluruh wilayah di Jateng dengan nama yang berbeda-beda.

Mengingat cara membuatnya cukup mudah, sebagian orang lebih suka membuat rawon sendiri ketimbang membeli jadi. Namun, kalau malas memasak, beli saja, harganya nggak mahal kok. Seporsi rawon biasanya dibanderol sekitar Rp 12 ribu hingga Rp 20 ribu saja. Muraaaah! (IB15/E03)