Lawar dan 6 Makanan Khas yang Selalu Ada saat Perayaan Nyepi di Indonesia
Lawar. (Indoindians)

Lawar dan 6 Makanan Khas yang Selalu Ada saat Perayaan Nyepi di Indonesia

Makanan khas selalu menjadi hidangan yang ditunggu-tunggu dalam setiap perayaan tradisional, termasuk saat perayaan Nyepi. Selain rasanya yang unik, makanan itu dinanti karena punya makna khusus dan kebanyakan hanya tersaji saat perayaan itu.

Ini baru.id - Umat Hindu di Indonesia merayakan Tahun Baru Nyepi hari ini, Kamis, 7 Maret 2019. Demi memusatkan diri pada Sanghyang Widhi Wasa, mereka pantang melakukan empat hal, yakni menyalakan api fisik atau dalam diri (amati geni), bekerja (amati karya), bepergian (amati lelungan) dan bersenang-senang (amati lelanguan).

Kendati menjaga kondisi tetap senyap dan tenang, Nyepi tetaplah sebuah perayaan yang mempunyai santapan khas. Sajian wajib Nyepi ini dikonsumsi sebelum, selama dan sesudah perayaan Nyepi. Apa sajakah hidangan tersebut?

Lawar

Lawar. (Seminyaktimes)

"Urapan" sayur ini hampir selalu menjadi bagian tak terpisahkan selama perayaan Nyepi. Hidangan khas Bali ini terdiri atas campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata. Lawar akan semakin nikmat dengan tambahan darah dari daging yang dimasak.

Celorot

Celorot atau clorot. (Kintamaniid)

Nggak hanya ada pas Nyepi, mungkin kamu yang tinggal di Jawa Tengah sudah akrab dengan makanan yang satu ini, ya? Makanan yang berbahan dasar tepung beras dan gula merah ini mempunyai cita rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Kue ini dibungkus menggunakan cetakan dari janur dengan bentuk kerucut.

Jaja Apem

Jaja apem. (Aremafood)

Kue apem asal Bali ini, meski nggak terlalu manis, rasanya tetap enak di lidah karena ada taburan kelapa parut dan gula merah cair. Selain untuk Nyepi, makanan ini juga hadir di setiap upacara adat Bali.

Pulung Nyepi

Pulung Nyepi. (IDN Times)

Kue ini mirip kolak biji salak yang disantap tanpa kuah santan dan gula merah. Pulung nyepi merupakan makanan khas Desa Sukasada yang berbahan dasar tepung beras dan kanji.

Entil

Entil. (Okezone)

Entil adalah semacam ketupat yang dibungkus dengan daun nyelep. Lantaran proses pembuatannya lebih lama ketimbang ketupat, entil konon bisa disimpan agak lama dan memiliki rasa yang lebih lezat.

Nasi Tepeng

Nasi Tepeng. (Sumber)

Nasi Tepeng merupakan hidangan berat saat Nyepi. Makanan yang biasanya disajikan dalam pincuk daun pisang ini merupakan nasi yang disajikan bersama beberapa sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut.

Ketongkol

 

 

Ketongkol. (Instagram/yulia_ariana)

Bentuknya sama dengan celorot tapi dibungkus menggunakan daun pisang. Ketongkol biasanya disantap bersama lauk dan sayur serta sambal matah. Namun, tanpa tambahan pun rasanya sudah gurih dan nikmat.

Nah, dari sekian banyak makanan khas Nyepi, apakah kamu sudah pernah mencicipinya, Millens? (IB20/E03)