Nggak Cuma Rondo Royal, Ini Lima Kudapan Lezat dari Tapai Singkong

Nggak Cuma Rondo Royal, Ini Lima Kudapan Lezat dari Tapai Singkong
Tapai singkong. (Wikimedia)

Rasa dan aroma tapai sangat khas. Jika dicampurkan ke dalam es doger dan es campur misalnya, minuman kita akan terasa lebih nikmat. Bagaimana jika dicampurkan ke adonan makanan?

Inibaru.id - Singkong yang ditaburi ragi dan didiamkan beberapa hari di tempat kedap udara bakal mengeluarkan rasa manis. Itu karena kandungan amilum atau pati dari singkong tinggi. Kamu tahu kita sekarang sedang membicarakan apa? Yap, betul banget jika kamu berpikir tentang tapai atau peuyeum, sebutan tapai di Jawa barat.

Tapai dimakan begitu saja sudah nikmat. Apalagi jika makanan dengan rasa legit manis dan tekstur lembut ini kita olah lagi menjadi hidangan lain. Hm, pasti bakal makin menggoda.

Ada banyak kreasi lezat berbahan tapai singkong. Mungkin yang paling populer dan gampang cara membuatnya adalah rondo royal alias tapai goreng, ya? Tapi, selain rondo royal, inilah beberapa makanan pendamping kopi yang terbuat dari tapai.

Bolu Tapai

Ketimbang tapai goreng, membuat bolu tapai memang mebutuhkan sedikit usaha. Tapi pada dasarnya ini adalah bolu yang dipadukan dengan tapai singkong yang dihaluskan. Coba kamu bayangkan betapa menggiurkannya rasa manis tapai yang menyatu dengan lembutnya bolu.

Prol Tapai

Hampir sama seperti bolu tapai yang mencampurkan tapai dengan terigu, namun prol tapai memiliki tekstur padat dan lembut di mulut. Prol tapai semakin lezat dengan tambahan topping seperti keju dan kismis. Biasanya prol tapai dijual berdampingan dengan brownies di toko roti. Kamu sudah pernah membelinya, Millens?

Colenak

Kudapan bernama colenak nggak kalah enak dengan olahan tapai lainnya. Ini adalah tapai singkong yang sengaja dibakar sehingga terkaramelisasi. Tapai bakar itu lalu diberi taburan kelapa parut dan siraman saus gula merah. Hm, makanan manis yang menggiurkan, ya?

Kue Mangkok

Bentuknya seperti bolu kukus, tapi kue mangkok mempunyai tekstur lebih padat dan licin. Jajanan ini biasanya eksis pada Perayaan tahun Baru Tionghoa atau Imlek. Kelezatan kue ini berasal dari perpaduan bahan-bahan seperti tepung beras, terigu, tapai dan air gula.

Apem

Apem yang putih dan menul-menul pastilah lebih menggoda untuk kita gigit ketimbang apem yang bantat ya, Millens? Salah satu yang bikin apem mengembang adalah kandungan tapai di dalamnya. Selain tapai, bahan untuk membuat apem adalah tepung beras, tepung sagu, gula, garam dan pengembang.

Itulah lima makanan yang menggunakan tapai singkong. Kamu bisa menambahkan lagi? (IB20/E03)