Nggak Boleh Asal, Begini Cara Menyimpan Teh yang Benar

Nggak Boleh Asal, Begini Cara Menyimpan Teh yang Benar
Tea bag. (Pixabay/Skitterphoto)

Teh adalah salah satu minuman paling "netral" untuk disuguhkan pada tamu. Namun, penyimpanan yang salah sering jadi masalah. Hm, gimana cara penyimpanan yang benar?

Inibaru.id – Saat berkunjung ke beberapa tempat, teh menjadi buah tangan yang dibeli sebagian orang. Sayang, saat menikmatinya di rumah, rasa teh terkadang jadi nggak senikmat yang dibayangkan.

Perubahan rasa ini ternyata dipengaruhi oleh cara penyimpannya, lo. Sudahkah kamu tahu cara menyimpan teh dengan benar?

Hindari Tempat Lembab

Rasa dan aroma teh bisa rusak jika ditaruh di tempat lembab seperti kulkas. Ini karena teh mudah menyerap air sehingga lebih cepat pula berjamur.

Hindari Sinar Matahari

Sinar matahari yang bisa bikin aroma teh menguap. Kadar air di dalamnya akan terserap jika nggak disimpan dengan benar. O ya, jangan pernah pula menyimpannya dalam kantong plastik ya.

Jauhkan Dari Bumbu-Bumbu Beraroma Kuat

Percayalah, bumbu-bumbu beraroma kuat seperti pala, cengkeh, dan kopi akan merusak aroma teh. Sebaiknya, jauhkan teh dari benda-benda ini agar rasanya tetap nikmat ya.

Gunakan Wadah Tertutup

Toples yang tertutup rapat adalah tempat yang tepat untuk menyimpan teh favoritmu. Selain di toples, kamu bisa juga menyimpannya di kertas yang nggak berbau dan tertutup rapat.

Teh harus disimpan di tempat yang nggak lembab. (Fusionteas)

Yang terpenting, cek tanggal kedaluwarsa teh sebelum mengonsumsinya ya. Kesejukan, panas, kelembapan, bau, dan udara adalah hal-hal yang penting diperhatikan supaya rasa dan aromanya tetap terjaga.

Eh, kalau sudah selesai menyeduh teh, jangan lupa siapkan kudapan pendampingnya juga ya! Ha-ha. (IB15/E03)