Nggak Bikin Lemas, Makan Kangkung Justru Bisa Berikan Manfaat Ini, Lo!

Nggak Bikin Lemas, Makan Kangkung Justru Bisa Berikan Manfaat Ini, Lo!
Makan kangkung nggak akan bikin kamu lemas. Justru kamu akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan, lo. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski rasanya enak, banyak orang yang nggak suka makan kangkung karena khawatir jika makanan ini bisa membuat tubuh lemas dan mudah mengantuk. Padahal, anggapan ini nggak benar, lo, Millens. Makan kangkung justru bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak pernah mencicipi kangkung? Ada banyak sekali olahan kangkung yang bisa kamu nikmati di Indonesia. Rasa dari sayuran berdaun hijau berharga terjangkau ini juga nikmat. Sayangnya, ada anggapan yang menyebut kangkung bisa bikin lemas atau mudah mengantuk. Padahal, hal ini nggak tepat, lo, Millens.

Nggak perlu takut untuk menyantap kangkung. Kalau kamu rutin melakukannya, justru bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut. Yuk, simak!

1.       Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata (shutterstock)
Menjaga kesehatan mata (shutterstock)

Nggak hanya wortel yang baik bagi kesehatan mata. Kangkung juga baik bagi organ penglihatan ini. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A di dalamnya yang sangat tinggi. Sudah jadi rahasia umum kan kalau vitamin A mempengaruhi kesehatan mata?

Di zaman modern seperti sekarang ini, semua orang tentu akrab dengan gawai. Kalau nggak berhati-hati, bisa jadi kelamaan memakainya bisa merusak kesehatan mata. Nah, dengan rutin makan kangkung, kamu pun bisa menurunkan risiko terkena gangguan penglihatan.

2.       Membantu Mengatasi Dehidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi (shutterstock)
Saat tubuh mengalami dehidrasi (shutterstock)

Dehidrasi nggak hanya tentang tubuh yang merasa haus saja. Jika nggak segera diatasi, bisa jadi berbagai organ atau sistem di dalam tubuh akan terganggu akibat hal ini. Karena alasan inilah kamu harus mencukupi asupan air putih agar nggak mudah mengalaminya.

Selain minum air putih, kamu juga bisa kok menyantap kangkung. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral di dalamnya yang cukup banyak. Rutin memakannya tentu akan mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

3.       Meningkatkan Sistem Imun

Tetap menjaga daya tahan tubuh (Theindependent)
Tetap menjaga daya tahan tubuh (Theindependent)

Di tengah pandemi virus yang sangat mengkhawatirkan seperti sekarang ini, sistem imun yang kuat tentu harus dijaga. Untungnya, kamu bisa memastikannya dengan rutin mengonsumsi kangkung. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lain di dalam sayuran ini yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh.

4.       Mengatasi Anemia

Lemas karena anemia. (Flickr/Mike-burns)
Lemas karena anemia. (Flickr/Mike-burns)

Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa bikin kamu nggak bertenaga seharian. Kamu pun jadi nggak produktif. Untuk mengatasinya, kamu justru disarankan untuk makan kangkung. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi di dalamnya yang sangat tinggi. Mencukupi asupan zat besi secara otomatis akan mengatasi masalah anemia.

5.       Meningkatkan Kualitas Otak

Hindari stres untuk menjaga kualitas otak (sipayo.com)
Hindari stres untuk menjaga kualitas otak (sipayo.com)

Aktivitas yang padat bisa membuat otak kelelahan. Jika hal ini sering terjadi, kualitas otak bisa menurun. Kita pun akan lebih mudah lupa dan sulit untuk berpikir dengan jernih. Demi mencegah hal ini, kamu disarankan untuk rajin makan kangkung. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin B kompleks dan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalamnya. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan otak.

Nah, sudah tahu kan Millens manfaat-manfaat dari hobi makan kangkung? Nggak perlu khawatir dengan mitos-mitos nggak benar saat menyantapnya, ya! Sayuran ini bikin sehat, kok.   (Idn/MG31/E07)