BerandaKulinary
Jumat, 2 Des 2022 20:20

Ihwal Nama 'Rondo Royal', Kudapan Manis Asal Jepara

 Ihwal Nama 'Rondo Royal', Kudapan Manis Asal Jepara

Rondo royal khas Jepara yang berbahan dasar tapai singkong. (Instagram/Dunia Lokal)

Rondo royal adalah kudapan khas Jepara yang bercita rasa manis. Kira-kira bagaimana ya ihwal nama rondo royal ini? Benarkah berhubungan dengan janda?

Inibaru.id – Tahu nggak, Millens, tapai singkong merupakan sumber karbohidrat yang baik dengan kadar indeks glikemik rendah dibandingkan nasi, sehingga cocok dijadikan camilan bagi mereka yang mengidap diabetes.

Ada berbagai cara nih yang bisa kamu lakukan untuk menyantap singkong fermentasi ini. Bisa langsung dimakan setelah difermentasi atau diolah kembali jadi beragam makanan lezat.

Di Jepara, Jawa Tengah, kamu bisa menemukan jajanan khas yang bahan utamanya adalah tape singkong, namanya Rondo Royal.

Rondo royal ini dijadikan salah satu jajanan khas Jepara. Rondo royal terbuat dari tape singkong yang dihancurkan dan dibentuk bulat kemudian dicelupkan ke adonan tepung beras dan digoreng hingga matang. Rasanya? Tentu saja nikmat, apalagi bila disantap saat masih hangat. Perpaduan rasa manis dan asam dari tapai singkong serta sedikit asin dari tepung beras sangat balance memanjakan lidah kamu.

Omong-omong ya, kamu setuju nggak kalo makanan ini memiliki nama yang nggak biasa? Memangnya benar ada kaitannya dengan janda? Eits, di luar penamaan yang unik ini, bagi semua orang yang paham rasa rondo royal pasti nggak bakal menolak mencicipinya.

Rondo royal yang nikmat bisa disajikan selagi hangat. (Instagram/Rosmihar88)
Rondo royal yang nikmat bisa disajikan selagi hangat. (Instagram/Rosmihar88)

Ihwal Nama ‘Rondo Royal’

Sebenarnya asal usul penamaan rondo royal masih misterius. Banyak versi cerita yang berkembang di masyarakat tentang penamaan tapai goreng ini, Millens.

Dilansir dari Liputan6, Kamis, (1/12/2022), rondo royal memiliki makna seorang janda yang sangat dermawan. Dulu makanan ini ditemukan oleh seorang janda namun bukan janda kaya. Melainkan janda yang suka berbagi atau dengan kata lain disebut juga sebagai royal.

Versi lain tentang penamaan rondo royal sebagaimana dikutip dari Solopos, (1/12/2022), ada yang berasumsi bahwa makanan ini salah satu makanan mewah. Pada zaman dahulu, masyarakat Jawa hanya makanan singkong biasa.

Nah, kata ‘rondo’ dalam bahasa Jawa (Jepara-Rembang) diambil dari kata ‘rodok’ yang berarti hampir menyerupai/agak. Sedangkan ‘royal’ adalah kata dalam Bahasa Inggris yang artinya mewah. Sehingga jika disatukan, makanan ini bermakna agak mewah.

Rondo royal ini sangat mudah untuk ditemui di Jepara banyak pedagang kaki lima atau pun pedagang di pasar yang menjajakan makanan ini. Harganya nggak mahal kok, hanya berkisar Rp500 – Rp1.000 saja per buah.

Jadi, kapan nih kita keliling Jepara sambil menikmati rondo royal, Millens? (Fatkha Karinda Putri/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved