Nasi Lengko, Kuliner Khas Cirebon yang Rasanya Tak Ada Duanya

Tak hanya perpaduan nasi, sayuran, dan lauk-pauknya yang sudah enak, nasi lengko masih disiram dengan saus kacang yang menambah citarasanya.

Nasi Lengko, Kuliner Khas Cirebon yang Rasanya Tak Ada Duanya
Nasi lengko khas Kota Cirebon (qubicle)

Inibaru.id – Nasi adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Cukup banyak orang yang bahkan mengaku belum benar-benar merasa sudah makan jika belum makan nasi. Begitu pentingnya nasi bagi kuliner Nusantara membuat cukup banyak jenis olahan nasi yang memiliki cita rasa khas dan unik.

Salah satu jenis olahan nasi yang memiliki cita rasa luar biasa adalah nasi lengko. Makanan khas tanah para wali, Cirebon, Jawa barat ini dikenal luas sebagai kuliner yang sangat lezat sekaligus memiliki nilai gizi yang tinggi.

Di tempat asalnya, nasi lengko kerap disebut sebagai sega lengko. Makanan ini adalah perpaduan dari nasi yang menjadi bahan utamanya dengan berbagai sayuran dan lauk pauk seperti tempe dan tahu goreng, tauge, daun kucai, dan mentimun. Perpaduan bahan-bahan inilah yang membuatnya memiliki nilai gizi yang tinggi. Setelah disiram dengan saus kacang, maka makanan ini tentu akan terasa sangat nikmat. Karena alasan inilah banyak orang yang menganggap kunci kenikmatan nasi lengko ada di saus kacangnya.

Nasi lengko biasanya memiliki citarasa yang cenderung gurih dan manis. Apalagi dengan adanya taburan bawang goreng yang membuat citarasanya semakin lengkap. Jika Anda adalah pencinta rasa pedas, Anda tinggal menambahkan potongan cabai pada nasi lengko untuk mendapatkan cita rasa tersebut.

Baca juga:
Di sini Kuliner Ini Biasa, Di Belanda Itu Luar Biasa
Suka Nasi Lemak? Datang Saja ke Tempat-Tempat di Jakarta Ini

Jika Anda sedang berkesempatan untuk mengunjungi Kota Cirebon, tentu akan terasa kurang lengkap jika belum sempat mencicipi nasi lengko yang sangat lezat ini. Salah satu tempat di Cirebon yang menjajakan nasi lengko dengan citarasa yang luar biasa adalah warung nasi lengko yang dimiliki oleh Haji Barno. Warung ini berada di Jalan Pangonan dan sudah menjual nasi lengko sejak tahun 1968. Karena alasan inilah warung nasi lengko ini sangat populer di kalangan masyarakat Cirebon dan para pencinta kuliner dari seluruh Indonesia. (AW/SA)