Makanan Idola di Tegal Itu Nasi Lengko

Ada jenis kuliner Tegal, Jawa Tengah yang nggak boleh kamu lewatkan, yaitu nasi lengko. Memiliki rasa yang enak dan harga yang murah, nasi ini dapat dengan mudah kamu jumpai di warung-warung.

Makanan Idola di Tegal Itu Nasi Lengko
Nasi Lengko (belanga.id)

Inibaru.id - Selain Cirebon, nasi lengko juga banyak ditemukan di beberapa kota di jalur pantura lainnya seperti Indramayu, Brebes, dan Tegal. Memiliki ciri khas tersendiri, jika kamu berwisata di Tegal, nggak lengkap rasanya jika nggak menjajal hidangan satu ini.

Menemukan penjual nasi lengko ini sangatlah mudah. Banyak rumah makan yang menjual olahan nasi ini. Harganya juga cukupmurah.

Wah, jadi penasaran kan seperti apa nasi lengko itu?

Melansir detik.com (18/6/2017), dalam satu porsi nasi lengko, kamu akan menemukan nasi putih biasa yang diberi tauge yang sudah diguyur atau direndam sesaat di dalam air panas, mentimun segar yang dicincang, serta irisan tempe dan tahu goreng. Yang menjadi ciri khas nasi lengko ini adalah penggunaan tahu dan tempenya yang digoreng setengah kering. Ada juga pelengkap yang khas berupa irisan daun kucai, taburan bawang goreng dan kerupuk mi kuning yang diremas di atasnya sebagai topping. Setelah itu diberi bumbu kacang dan kecap manis. Untuk kecapnya, umumnya menggunakan kecap manis yang encer, bukan yang kental.

Baca juga:
Si Manis Toso, Camilan "17+"
Sambal Tumpang Boyolali, Tempe Semangitnya Menggoda Lidahmu

Hmm, sepintas mungkin kamu akan berpikir jika bumbu kacang identik dengan ketoprak, rujak, pecel, dan sebagainya. Tapi ini berbeda, lo. Nasi lengko nggak sama rasanya dengan makanan-makanan tersebut.

Sebelum menyantap nasi lengko, terlebih dahulu aduk-aduk nasinya supaya tercampur bumbu kacangnya. Rasanya? Bumbu kacangnya terasa gurih dan lezat, ada sedikit rasa manisnya juga yang berasal dari kecap. Ada renyah tempe dan tahu serta ada rasa segarnya juga yang berasal dari sayuran timun dan tauge. Kerupuk kuningnya juga melengkapi nasi lengko versi Tegal ini. Wah, terdengar menggoda sekali ya.

Eh, tapi bagi sebagian orang, mungkin ada beranggapan nasi lengko ini memiliki cita rasa yang nggak jauh berbeda dengan pecel, namun karena di akhir penyajiannya diberi kecap manis sehingga rasanya menjadi legit dan gurih.

Oya, untuk menikmati lengko ini juga nggak harus dengan nasi, tapi bisa juga menggunakan lontong. Maka dari itu biasanya lengko disebut dengan nasi lengko atau lontong lengko.

Baca juga:
Soto Kemiri Pati, Gurih dan Segar
Sagon, Makanan Gurih Manis Khas Wonosobo

Untuk menambah selera makan, biasanya nasi lengko ini juga disajikan dengan ditambah lima atau 10 tusuk sate kambing yang disajikan secara terpisah di piring lain.

Nah, untuk menikmati seporsi nasi lengko ini, kamu nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam.  Paling enak dimakan saat pagi hari, kamu sudah bisa menikmati nasi lengko dengan harga Rp 10 ribu saja. Di tambah tempe atau tahu goreng tepung, jangan lupa juga untuk menikmatinya ditemani teh poci khas Tegal. Wah, makin maknyus…. (ALE/SA)