Benarkah Nasi Jagung Lebih Sehat dari Nasi Putih?

Benarkah Nasi Jagung Lebih Sehat dari Nasi Putih?
Nasi jagung dianggap lebih sehat daripada nasi putih. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Dibanding nasi putih, nasi jagung dianggap lebih sehat apalagi untuk penderita diabetes. Benar nggak sih asumsi itu?

Inibaru.id – Di beberapa daerah di Indonesia seperti Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Jawa Timur, nasi jagung masih menjadi bahan makanan pokok sebagian warganya. Ini karena harganya yang lebih murah dan dianggap lebih bagus untuk kesehatan. Eits, meskipun ada embel-embel nasi, dalam realitanya nasi jagung bukanlah campuran dari nasi dan jagung, melainkan jagung yang dihaluskan sehingga bisa dijadikan pengganti nasi.

Hellosehat.com menulis, pakar kesehatan menyebut nasi jagung jauh lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih. Bahkan, nasi jagung juga direkomendasikan bagi para penderita diabetes.

Kendati kaya akan kandungan karbohidrat, jagung memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat kadar gula darah nggak akan naik dengan cepat. Hal ini tentu bisa mendorong penderita diabetes agar mampu mengendalikan kadar gula darahnya dengan jauh lebih baik. Dengan begitu, mereka bisa mencegah datangnya komplikasi berbahaya.

Hal yang berbeda terjadi jika mereka mengonsumsi nasi putih. Nilai indeks glikemiknya yang tinggi membuat nasi putih cepat menaikkan kadar gula darah. Kondisi tersebut bisa membahayakan kondisi kesehatan penderita diabetes.

Kadar kalori di dalam jagung juga cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih. Di dalam 100 gram nasi jagung hanya terdapat 140 kalori. Sementara itu, nasi putih dengan jumlah yang sama memiliki 175 kalori. Hal ini berarti, nasi jagung cocok untuk dijadikan makanan jika kamu sedang menjalani program diet.

Kendati demikian, bagi yang belum terbiasa memakan nasi jagung, kamu bisa menganggap rasanya aneh. Namun, jika sudah beberapa kali mengonsumsinya, rasanya nggak kalah enak dibandingkan dengan nasi putih, kok.

Untuk membiasakan diri memakan nasi jagung, kamu bisa mencampurnya dengan nasi putih terlebih dahulu. Setelah mulai terbiasa, barulah makan nasi jagung seutuhnya.

Kamu sudah pernah coba nasi jagung apa belum, Millens? (IB09/E04)