Nasi Gandul, Kuliner Legendaris Khas Kabupaten Pati

Nasi Gandul, Kuliner Legendaris Khas Kabupaten Pati
Nasi Gandul, Makanan Khas Kabupaten Pati (jatengprov.go.id)

Nasi gandul merupakan salah satu makanan legendaris khas Kabupaten Pati. Selain namanya yang unik rasanya juga sangat enak dan harganya terjangkau.

Inibaru.id - Jalan-jalan ke Pati rasanya kurang pas jika nggak mencicipi makanan khasnya ya?

Kabupaten Pati mempunyai beberapa makanan khas yang sangat enak dan nggak kalah dengan daerah lainnya lo Millens. Salah satu makanan legendaris khas kabupaten Pati yang sangat terkenal adalah nasi gandul.

Nasi gandul adalah makanan yang terdiri dari nasi putih dengan irisan daging berkuah yang berwarna kecokelatan.

Daerah yang memopulerkan nasi gandul ini adalah Desa Gajahmati. Tapi sekarang kamu bisa dengan mudah menemukan kuliner ini di pinggiran jalan di seluruh Kabupaten Pati.

Dengan rasa yang dominasi manis-gurih serta terdapat potongan daging dan jeroan yang sangat empuk. Harganya juga terjangkau kok. Di warung Nasi Gandul Mbak Yanti, satu porsi nasi gandul tanpa lauk tambahan hanya dihargai Rp 7 ribu.

Nasi Gandul Mbak Yanti, salah satu warung penyedia nasi gandul terkenal di Pati. (Kompas)
Nasi Gandul Mbak Yanti, salah satu warung penyedia nasi gandul terkenal di Pati. (Kompas)

Penyajiannya sangat khas yaitu di atas piring yang telah dilapisi daun pisang. Biasanya, di warung juga disediakan bermacam lauk tambahan seperti telur bacem, babat, ati sapi, empal, paru, lidah, dan lain-lain.

Suka pedas? Jangan khawatir, nasi gandul cocok kok kalau ditambah sambal. Wah, mantap banget ya?

Meskipun kamu bisa menemukan kuliner ini di banyak daerah, tapi sepertinya paling mantap kalau mencicipi langsung di kotanya ya? (Kom/MG43/E05)