Nasi Bogana, Makanan Favorit RA Kartini

Nasi Bogana, Makanan Favorit RA Kartini
Nasi bogana, makanan kesukaan RA Kartini.  (Instagram/nasibogana.id via IDNTimes)

Ada fakta menarik soal pahlawan emansipasi wanita RA Kartini. Ternyata, makanan favorit Kartini adalah nasi bogana, lo.

Inibaru.id – Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. Nggak hanya membahas soal perjuangannya di bidang emansipasi perempuan, segala hal terkait dengan kehidupan RA Kartini menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah makanan favoritnya, yakni nasi bogana.

Oya, nasi bogana ini adalah makanan khas Tegal, Jawa Tengah. Meski begitu, masyarakat pesisir utara Jawa Tengah dan Jawa Barat cukup akrab dengan makanan ini. Isinya adalah nasi putih yang diberi tambahan lauk opor ayam, telur pindang, dendeng, oseng tempe dan buncis, serta sambal.

“Ibu Kartini dan adik-adiknya, Kardiah dan Roekmini sering membuat olahan nasi, karena itu makanan favorit keluarga besar Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat (ayah Kartini)…Kalau Raden Ajeng Kartini sendiri favoritnya nasi bogana. Beliau sering sekali membuat nasi ini,” terang penulis buku Kartini, Pemerhati Peradaban Hadi Priyanto, Rabu (20/4/2016).

Di tiap daerah, nasi bogana bisa berbentuk berbeda. Contohlah, di Cirebon yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat, biasanya disajikan dengan bentuk mirip tumpeng dengan sejumlah lauk di pinggirnya. Nasi bogana juga dianggap sebagai makanan spesial bagi kesultanan di sana sehingga sering disajikan dalam acara-acara keraton.

Kartini menyukai nasi bogana khas Tegal. (Wikimedia Commons/GPL FDL)
Kartini menyukai nasi bogana khas Tegal. (Wikimedia Commons/GPL FDL)

Sementara itu, nasi bogana di Jawa Tengah disajikan di atas daun pisang. Letak lauknya juga nggak di pinggir nasi, melainkan di atasnya. Mirip-mirip dengan rames ya? Bahkan, ada yang sampai menyebutnya sebagai nasi rames khas Tegal, kok, Millens.

Kalau soal nama, nasi bogana memang nggak Jawa banget ya. Maklum, nama penganan ini memang diambil dari Bahasa Sunda “saboga-bogana” yang kalau diartikan ke Bahasa Indonesia berarti “seada-adanya”. Maksudnya sih, makanan ini dibuat dengan apapun bahan makanan yang ada di dapur.

Meski begitu, tetap saja nasi bogana dikenal memiliki rasa dan aroma yang khas. Maklum, makanan ini kaya akan bumbu seperti bawang merah dan putih, kayu manis, serai, pala, kemiri, dan lada. Selain itu, karena dibungkus atau ditempatkan di atas daun pisang, aromanya pun jadi semakin menggoda.

Duh, jadi pengin mencicipi nasi bogana makanan kesukaan RA Kartini ya, Millens. (Sol, Oke/IB09/E05)