Nama Alias yang Unik dari Getuk Gaplek di Kabupaten Batang

Nama Alias yang Unik dari Getuk Gaplek di Kabupaten Batang
Getuk Gaplek. (Mbatang)

Dengan bentuknya yang lebar dan tebal, masyarakat Kabupaten Batang punya sebutan yang unik untuk getuk gaplek khas Kecamatan Bawang, yakni getuk (maaf) bokong. Hmm..

Inibaru.id – Namanya getuk gaplek. Namun, masyarakat setempat, yakni warga Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyebutnya getuk (maaf) bokong. Ini lantaran bentuk getuk itu bulat dan lebar, jauh lebih lebar dari kebanyakan getuk di Jawa.

Getuk gaplek merupakan makanan yang terbuat dari singkong dengan pengolahan ditumbuk sehingga halus dan kenyal. Getuk ini juga memiliki bentuk yang berbeda dari getuk pada umumnya yang berbentuk kotak.

Ya, getuk gaplek terbilang unik karena bentuknya bulat pipih dengan diameter sekitar 25 sentimeter dan ketebalan 4 sentimeter.

Memiliki serat yang begitu padat, getuk ini juga sering dijadikan makanan penunda lapar atau pengganti makan malam.

Nggak cuma namanya saja yang unik, proses pembuatan hingga pemasaran getuk gaplek juga menarik, lantaran sangat berpatokan pada perhitungan penanggalan Jawa atau biasa disebut Kalender Jawa Sultan Agungan.

Getuk gaplek biasa dijual di pasar-pasar kecamatan sampai ke Pasar Dieng di Kabupaten Banjarnegara. Namun hanya pada hari-hari tertentu saja kamu bisa  menemukan getuk ini, yaitu pada hari pasaran Pahing dan Wage. Hm, unik!

Tertarik berburu getuk ini? Silakan datang ke Kabupaten Batang pada hari pasaran itu ya! (IB20/E03)