Musim Hujan Tiba, 3 Resep Minuman Jahe Ini Harus Kamu Coba!

Musim Hujan Tiba, 3 Resep Minuman Jahe Ini Harus Kamu Coba!
Minuman jahe. (iStock)

Jahe menjadi salah satu rempah yang baik untuk tubuh. Pada musim hujan seperti sekarang, minuman ini juga cocok untuk menghangatkan tubuh, lo!

Inibaru.id – Hujan seharian acap membuat tubuh kedinginan, apalagi kalau kehujanan! Nah, kalau kamu nggak bukan "anak senja" yang suka musik indie sembari ngopi, nggak ada salahnya menjadikan minuman jahe sebagai pilihan teman sore yang sendu ini. 

Nggak hanya menghangatkan badan, jahe memiliki kandungan yang bermanfaat untuk bikin kadar gula di dalam tubuh seimbang serta mampu melancarkan sistem pencernaan. Ini tentu saja baik untuk kamu yang sedang menjalani diet.

Eits, tapi, enaknya jahe dibikin apa ya, Millens? Nah, kalau kamu masih bingung, coba bikin beberapa olahan jahe dari resep ini saja, kuy!

Simple Ginger Water

Nggak pakai ribet, langsung hangat seluruh badan. (Pixabay)
Nggak pakai ribet, langsung hangat seluruh badan. (Pixabay)

Sesuai namanya, cara pembuatan simple ginger water a.k.a. air jahe sederhana ini juga cukup gampang, lo. Pertama, rebus 0,5 liter air dalam panci sampai mendidih. Kemudian, masukkan 5 sendok makan jahe yang sudah diparut dan rebus selama satu sampai dua menit.

Angkat dan dinginkan air rebusan selama 10 menit. Setelah itu, saring air jahe dan masukkan ke dalam gelas, lalu tambahkan perasan jeruk lemon.

Kamu juga bisa menambahkan gula supaya lebih manis. Eits, usahakan menggunakan gula low-fat ya. Yap, sesederhana itu dan akhirnya air jahe siap disruput deh!

Teh Jahe

Jahe dapat membantu mencegah masalah pencernaan. (Doktersehat)
Jahe dapat membantu mencegah masalah pencernaan. (Doktersehat)

Resep minuman jahe yang kedua yaitu teh jahe. Cara pembuatannya juga cukup mudah, lo. Kamu tinggal merebus 1 liter air sampai mendidih. Lalu, matikan kompor dan masukkan 2 sendok teh jahe kering atau 5 sentimeter jahe yang sudah dicincang ke dalam panci.

Tutup panci selama lima menit agar mencegah minyak dan senyawa obat yang terkandung pada jahe menguap. Kemudian, masukkan teh secukupnya, lalu aduk sampai berubah warna.

Setelah itu, saring agar nggak ada jahe dan teh yang tertinggal di dalamnya. Masukkan perasan lemon dan madu saat air sudah mulai dingin. Teh jahe siap diminum, deh!

Sirup Jahe

Sirup jahe juga sudah banyak diproduksi dan dijual di pasaran. (Pixabay)
Sirup jahe juga sudah banyak diproduksi dan dijual di pasaran. (Pixabay)

Untuk membuat sirup jahe, kamu perlu rebus 2.000 mililiter air, kemudian masukkan 400 gram gula pasir, 400 gram jahe yang sudah dibakar dan dimemarkan, 1 sendok teh garam, 4 lembar daun pandan, dan 6 batang serai.

Tunggu sampai air mendidih dan mengeluarkan aroma harum! Setelah itu, sirup jahe siap dinikmati dengan menambahkan madu atau gula agar rasanya lebih nikmat. Mudah kan, Millens?

Musim dingin yang datang menjadi berkah sejumlah orang. Jangan meruntuknya, karena ada jahe yang bakal setia menemanimu, yang bahkan kehangatannya mungkin melebihi cinta pasanganmu! Ha-ha. Selamat mencoba! (MG27/E03)