Mujadarra, Nasi dengan Lauk Menggoda dari Irak

Mujadarra, Nasi dengan Lauk Menggoda dari Irak
Mujaddara. (Sbs.com.au)

Ketumbar, jintan putih, dan daun mint mampu menghasilkan rasa yang lezat saat diolah dengan beras. Makanan lezat itu disebut rakyat Irak dengan nama “Mujaddara”. Pernah mencicipinya?

Inibaru.id – Irak memiliki kuliner yang lezat untuk menyambut Hari Raya Idulfitri, yaitu mujaddara. Kamu yang cukup sering “membongkar” resep-resep masakan Timur Tengah, mungkin nggak asing dengan kuliner ini.

Ya, mujaddara memiliki beberapa sebutan yakni majadra, mejadra, moujadara, mudardarar, dan megadarra. Hm, banyak juga ya rupanya.

Menggunakan lentil, sejenis kacang-kacangan khas Timur Tengah, makanan ini diolah bersama beras, bawang bombai, dan biji-bijian. Supaya rasanya makin enak, beberapa rempah seperti ketumbar, jintan putih, dan daun mint pun digunakan saat mengolahnya. Rasanya? Hm, enak, lo!

Mujaddara. (Guidingstars)

Jika sudah matang, mujaddara biasanya disajikan bersama sayur-sayuran dan yogurt. Supaya tampilannya kian menarik, bawang goreng ditaburkan di atasnya. O ya, rasa bawang yang dikaramelkan ini bisa bikin kamu ketagihan, lo. Cobain deh!

Untuk menguji keterampilan masakmu, rasanya makanan ini sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa mencari resepnya di internet atau menonton video pembuatannya di Youtube. Gimana, sudah ketemu? Yuk, coba bikin sendiri! (IB15/E03)