Mojiso, Soju Versi Indonesia dari Bandung yang Dijamin Halal

Mojiso, Soju Versi Indonesia dari Bandung yang Dijamin Halal
Soju versi Indonesia bernama Mojiso. (Instagram: @Warungminiummik)

Nggak perlu repot-repot impor dari Korea. Kamu juga bisa lo mencicipi Soju asli Indonesia. Jaminannya halal pula. Seperti apa sih Soju ini?

Inibaru.id ­- Penggemar drama Korea (Drakor) pasti sudah akrab dengan minuman bernama Soju. Minuman beralkohol ini memang sering muncul pada adegan-adegan pada berbagai drama. Seringkali, minuman ini dikonsumsi saat berkumpul atau saat pemeran drama membutuhkan asupan untuk menghilangkan stres.

Banyak penggemar drakor di Indonesia yang sebenarnya penasaran dengan rasa dan sensasi minum Soju. Masalahnya, minuman ini adalah minuman beralkohol yang nggak bisa sembarangan dikonsumsi, khususnya oleh masyarakat Muslim.

Hanya, rasa penasaranmu akan Soju sepertinya bakal terpuaskan kok, Millens. Di Bandung, sudah ada Soju non-alkohol asli Indonesia. Namanya adalah "Mojiso". Pencetus minuman ini adalah seorang perempuan bernama Sovi. Dia pun menceritakan tentang alasan mengapa ingin membuat replika Soju khas Korea tanpa khawatir akan adanya kandungan alkohol.

"Inspirasinya karena sering liat drama Korea. Suka pengin mencoba makanan dan minuman yang di drama," jelasnya seperti yang dilansir dari Kompas pada Minggu (23/8/2020).

Soju banyak digemari oleh masyarakat Korea. (Kompas)<br>
Soju banyak digemari oleh masyarakat Korea. (Kompas)

Sovi mengatakan, makanan Korea di Indonesia sudah banyak yang halal. Dia juga sudah cukup sering mencobanya. Hanya, khusus untuk Soju, dia kesulitan mencari jenis yang halal karena kebanyakan diimpor langsung dari Korea. Bersama dengan temannya, Rinda, dia pun memutuskan untuk membuat Soju halal dan menjualnya di toko daring Warung Mini Ummik Project di akun Instagram @warungminiummik.

Sebenarnya, Mojiso nggak benar-benar sama dengan Soju asli. Minuman ini lebih cocok disebut sebagai Korean Sparkling Water. Meski begitu, soal rasa, minuman ini memang bisa kok diadu.

Saat ditanya soal strategi berjualan Mojiso, Rinda serta Sovi mengaku nggak begitu menerapkan hal khusus. Hal ini disebabkan oleh banyaknya masyarakat Indonesia yang tertarik dengan budaya Korea. Ditambah dengan adanya label halal pada Soju yang mereka jual, banyak orang yang nggak berpikir ulang untuk membelinya.

"Strategi marketingnya saya pertahankan dengan terus endorse, agar tepat ya disesuaikan pada akun-akun yang sering membahas berbagai hal tentang Korea," jelas Rinda.

Mojiso 100% halal. (Instagram: @Warungminiummik)
Mojiso 100% halal. (Instagram: @Warungminiummik)

Ternyata, reaksi masyarakat terhadap kehadiran Mojiso sangatlah positif. Angka penjualan pun terus naik meski promosi hanya dilakukan secara daring. Banyak orang yang suka dengan kemasannya yang sangat khas Korea dengan botol kaca berwarna hijau dan stiker dengan aksara Korea.

Jaminan Halal

Saat ditanya soal kehalalan Mojiso, Sovi menjaminnya 100 persen. Dia menyebut minuman ini berbeda dari Soju yang merupakan fermentasi dari beras. Mojiso dibuat dari bahan-bahan alami yang diracik agar memberikan sensasi segar meski bebas alkohol.

Ada banyak varian rasa dari Mojiso yang bisa kamu cicipi, Millens. Ada yang rasa stroberi, teh hijau, yoghurt, serta leci. Hanya, menurut keterangan Sovi, rasa leci paling laris di pasaran.

Kalau kamu ingin mencobanya, bisa memesannya secara daring di tokonya, kok, Millens. Hanya, Sovi mengaku baru bisa melayani pengiriman ke Jabodetabek, Jawa Tengah, serta Jawa Timur. Eits, soal harga, nggak mahal kok. Satu botolnya hanya Rp. 45 ribu.

Jadi, tertarik untuk membelinya, Millens(Kom/IB28/E07)