Capek Jelajahi Sam Poo Kong? Mari Mlipir Makan Tekwan dan Bubur Manado di Kedai Tekwan Takeone

Capek Jelajahi Sam Poo Kong? Mari <em>Mlipir</em> Makan Tekwan dan Bubur Manado di Kedai Tekwan Takeone
Aneka hidangan yang disediakan di Kedai Tekwan Takeone. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Saking luasnya Sam Poo Kong, bisa-bisa kamu kelaparan saat menjelajahi semua bangunannya. Kalau sudah begitu, mlipir makan tekwan sama bubur manado di Kedai Tekwan Takeone saja.

Inibaru.id – Kalau berkunjung ke Semarang, Sam Poo Kong nggak boleh terlewatkan. Bangunan yang didominasi warna merah dan emas itu memang punya pesona tersendiri. Nah, kalau sudah di Sam Poo Kong terus lapar, mampir saja ke Kedai Tekwan Takeone.

Kedai ini ada persis berada di seberang pintu samping Sam Poo Kong. Dari luar, kedai ini nggak begitu terlihat sih karena bentuk bangunannya seperti rumah. Namun, jangan khawatir, ada penanda nama kedainya, kok.

Di sini, kamu bisa menemukan aneka menu khas Palembang seperti tekwan dan pempek. Selain dua menu itu, Takeone juga menyediakan bubur Manado dan tahu gejrot. Jadi, kamu bisa memilih makanan sesuai dengan seleramu, Millens.

Kedai Tekwan Takeone tampak dari depan. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Beberapa waktu lalu, saya coba mencicipi bubur Manado, tekwan, dan pempek di kedai ini. Karena hanya mencicipi, saya memilih yang porsi diet. Oh iya, di kedai yang berdiri sejak Agustus 2018 itu, ada tiga pilihan porsi yakni diet, sedang, dan kenyang. Ketiga porsi itu bisa dipilih sesuai dengan selera.

Hanya berselang 10 menit, pesanan saya datang. Aroma kuah tekwan sudah melambai-lambai begitu pesanan sampai di meja. Setelah saya foto beberapa kali, barulah ke semua makanan itu saya coba satu per satu.

Kali pertama yang saya coba adalah tekwan. Jelas, karena kuahnya begitu menggoda. Ha-ha.

Tekwan di Kedai Takeone berisi bihun, tekwan, jamur kuping, dan irisan bengkuang. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Kuah tekwan di Kedai Takeone ini mirip dengan kuah bakso. Yang membedakan, kuah bakso lebih berlemak, sedangkan kuah tekwan berkaldu kepala udang ini lebih segar dan ada rasa merica yang cukup kuat. Kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan sambal bila pengin rasanya lebih nendang.

Dalam semangkuk tekwan, kamu akan menemukan bihun, tekwan yang terbuat dari ikan tenggiri, irisan bengkuang yang memanjang, dan jamur kuping yang kenyal. Perpaduan antara semua unsur itu pas di mulut. Tekwan tenggiri yang cukup gurih berpadu dengan kenyalnya jamur kuping dan uniknya rasa bengkoang ditambah kuah yang sedap. Bagi kamu yang suka tekwan, saya sarankan pesan yang porsi kenyang.

Ada satu unsur lagi yang sebenarnya selalu tersedia dalam tekwan yakni kim cam atau bunga sedap malam kering. Sayang, di Jawa susah menemukan kim cam sehingga banyak kedai tekwan yang akhirnya memilih menghilangkan bahan ini dalam mangkuk tekwan.

Tampilan bubur Manado di Kedai Tekwan Takeone. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Setelah itu, saya mencoba bubur Manado. Karena porsi diet, bubur disajikan dalam mangkuk kecil lengkap dengan oseng ikan cakalang, ikan asin, dan sambal terasi. Bubur yang disajikan sangat gurih. Dengan campuran kemangi, selada air, serutan jagung, dan labu, bubur punya rasa asin sedikit manis lagi harum. Oseng balado ikan cakalangnya juga enak, terasa pedas dan asin. Eits, tapi ikan cakalang cuma namanya saja, oseng balado itu terbuat dari ikan tuna.

“Ikan cakalang di Jawa susah. Agak keras juga teksturnya. Jadi, kami pakai ikan tuna tapi nama masakannya ikan cakalang,” tutur manajer Kedai Tekwan Takeone Deborah Gita Sakinah.

Oiya, ikan asin juga enak dicampur dengan bubur. Kalau ketiganya disatukan dalam sendok plus sambal terasinya, bakal mantul alias mantap betul. Gurih bubur ditambah pedas asinnya ikan cakalang dan ikan asin yang krenyes serta sambal yang manis pedas menghasilkan rasa yang nikmat.

Pempek paket komplet A di Kedai Tekwan Takeone berisi dua pempek telur kecil, lenjer, adaan, dan kulit. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Selain itu, saya juga mencicipi pempek di Kedai Takeone. Bukan, bukan porsi diet tapi paket komplet. Ha ha. Dalam paket itu, terdapat pempek kapal selam, lenjer, kulit, dan adaan. Kendati ukuran setiap pempeknya kecil tapi kalau dimakan semua bisa buat kenyang, kok.

Saya paling suka dengan pempek adaannya. Gurih, terasa ikan tenggirinya, dan lembut di dalam. Pas untuk dimakan dengan cukanya yang pedas dan pekat. Meski begitu, pempek lainnya juga cukup memanjakan perut, kok. Saya sarankan untuk segera memakan pempeknya begitu datang supaya pempek dalam kondisi empuk dan renyah.

Sudah enak, harga yang dipatok Kedai Takeone aman di kantong, Millens.

Gimana, tertarik mencoba? Oh iya, pempek dan tekwan di Kedai Takeone dimasak langsung orang Palembang, lo, jadi jangan diragukan lagi rasanya. (Ida Fitriyah/E05)

 

Kedai Tekwan Takeone

Kategori: Kedai

Jam Buka: Senin-Kamis 11.00-19.00 WIB

              Jumat-Minggu 11.00-20.00 WIB

Harga makanan: Rp 10 ribu- Rp 22 ribu

Harga minuman: Rp 2 ribu-Rp 16 ribu