Mirip Tahu Gejrot, Makanan Khas Cirebon ini Bernama Kaladama

Mirip Tahu Gejrot, Makanan Khas Cirebon ini Bernama Kaladama
Kaladama khas Cirebon ini dilengkapi dengan irisan ketupat. (Okezone/Fathnur Rohman)

Nggak hanya Nasi Jamblang dan Empal Gentong, Cirebon juga punya makanan khas yakni Kaladama. Makanan yang mirip dengan tahu gejrot ini memiliki ciri khas khusus lo! Penasaran?

Inibaru.id – Membayangkan pedasnya tahu gejrot di siang hari bisa bikin air liurmu penuh ya, Millens. Apalagi kalau hawanya panas, pas banget deh buat menambah keringat. Eits, tapi tahu nggak sih kalau jajanan ini punya kembaran?

Yap, jajanan khas Cirebon ini punya kembaran yakni Kaladama. Kedua jajanan itu sama-sama dari Cirebon, lo. Sepintas, Kaladama persis seperti tahu gejrot. Bahan dasarnya sama yakni tahu dan diberi sambal kecap serta cabai yang diulek atau digejrot.

Namun, bila diperhatikan secara seksama, bahan kaladama lebih komplet dari tahu gejrot. Selain tahu, Kaladama diberi tambahan yakni irisan ketupat. Oh iya, tahu yang digunakan membuat kaladama lebih tebal dibanding tahu sumedang yang dipakai pada tahu gejrot. Jadi, lebih kenyang.

Hasil gambar untuk kaladama

Irisan tahu pada kaladama lebih tebal dibanding tahu gejrot. (Okezone/Fathnur Rohman)

Dikutip dari Okezone.com (9/02/2019), nama Kaladama ini diperoleh dari bahasa Sunda, yakni “Ka, lada Mang” yang artinya “yang pedes, Mang!”. Karena pengucapannya cepat, jadi kata itu terdengar Kaladama.

Anyway, kaladama ini sering disajikan dengan piring tanah disertai tusuk atau biting yang digunakan untuk menggantikan fungsi garpu. Cukup sederhana, ya.

Harga kaladama ini cukup terjangkau, kok. Satu porsi Kaladama biasanya cuma dipatok Rp 5 ribu. Dengan harga itu, kamu bakal mendapat porsi yang lumayan gede. Cuss, cobain, deh! (IB23/E04)