Mirip Rendang tapi Beda Rasa, Manis-Gurih Singit Begitu Menggoda!

Mirip Rendang tapi Beda Rasa, Manis-Gurih Singit Begitu Menggoda!
Singit memiliki rasa yang manis dan gurih. (Lagimakan)

Manis dan gurih, mungkin itulah kesan pertama yang kamu dapatkan saat mencicipi singit. Makanan khas Jepara ini mirip rendang, tapi beda rasa. Apa bedanya?

Inibaru.id – Daging sapi bisa diolah menjadi pelbagai masakan. Di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, daging ini biasanya diolah menjadi Singit, makanan dengan rupa yang mirip dengan rendang atau rawon. Rasanya begitu khas!

Sejatinya, bumbu-bumbu yang digunakan sangit dan rendang memiliki sejumlah kesamaan, yakni bawang merah, bawang putih, cabai, dan kecap manis. Yang bikin beda, bumbu-bumbu itu lebih encer, Millens. Ini menghadirkan sensasi makan yang juga tentu berbeda.

Singit memiliki tekstur bumbu yang lebih encer. (Sajiansedap.grid)

Singit memiliki rasa yang manis dan gurih. Rasa gurih ini didapatkan dari santan yang menjadi campurannya. Kalau kamu pengin mencoba bikin sendiri, kamu bisa mengintip resepnya di Inibaru.id kok.

Baca Juga: Dengan Singit, Makan Siang Jadi Tambah 'Mengigit'

Tapi, kalau nggak pengin lebih ribet, tinggal cus saja ke rumah makan. Per porsi singit biasanya dijual seharga Rp 20.000. Relatif terjangkau kan?

Lantaran mengandung santan, sebaiknya batasi konsumsi singitmu ya. Meski rasanya enak, jangan menyantapnya setiap hari karena makanan ini bakal bikin kolesterolmu nambah. Selain mengontrol makanan yang kamu konsumsi, jangan lupa olaharaga juga ya, Millens. (IB15/E03)