Mirip Pecel, Cicipi Rujak Teplak yang Jadi Kuliner Khas Tegal

Mirip Pecel, Cicipi Rujak Teplak yang Jadi Kuliner Khas Tegal
Seporsi rujak teplak dengan imbuhan kerupuk mi. (instagram.com/ ijanijin)

Selain kupat glabed dan nasi ponggol, Kota Tegal punya satu kuliner khas yang menarik kamu cicipi saat berkunjung ke sana. Namanya rujak teplak.

Inibaru.id – Kalau biasanya rujak terbuat dari buah-buahan, rujak teplak terbuat dari sayur-sayuran. Misalnya kangkung, daun singkong, tauge, kol, kacang panjang, mentimun, kecipir, dan jantung pisang. Lebih mirip pecel ya?

Sayuran yang menjadi isi rujak teplak. (instagram.com/ delicioustegal)

Eits, yang membuat berbeda adalah sambalnya nih. Sambal rujak teplak terbuat dari singkong yang direbus lalu dihaluskan. Setelah itu adonan sambal dicampur dengan beragam bumbu dan dilarutkan dengan air. Sambal itu dikenal dengan nama sambal gaul seperti ditulis jatenglive.com (24/3/2018).

Rujak teplak disajikan di atas daun pisang atau sering disebut dipincuk. Sayuran yang sudah direbus disiram dengan sambal gaul tuh.

Seorang penjual meracik rujak teplak. (instagram.com/ yuyun_ansftr)

Oya, biasanya cabai merah sudah digiling bersamaan dengan sambal gaul. Jadi untuk mengatur tingkat kepedasan rujak teplakmu, kamu bisa request banyaknya sambal gaul di atas rujakmu ya.

Masyarakat Tegal biasanya mengonsumsi rujak teplak sebagai menu sarapan lo. Kamu pengin juga mencicipi makanan khas Tegal yang satu ini? Seporsi rujak teplak biasanya dihargai Rp 2 ribu saja. Murah kan? Jangan lupa tambahkan kerupuk mi atau opak agar rujak teplakmu semakin gurih ya! (IB10/E05)