Minyak Zaitun, Bahan Wajib yang Meningkatkan Cita Rasa Kuliner Mediterania

Sering kita lihat para chef mengguyurkan minyak zaitun pada masakan Mediterania sebagai sentuhan terakhir sebelum disajikan. Sebenarnya untuk apa, ya?

Minyak Zaitun, Bahan Wajib yang Meningkatkan Cita Rasa Kuliner Mediterania
Minyak zaitun. (Washington Examiner)

Inibaru.id - Masakan Mediterania belakangan menjadi sorotan dunia lantaran disebut-sebut sebagai hidangan paling sehat sejagat. Kalau kamu cermati, hampir tiap masakan Mediterania mengandung minyak zaitun. Konon, minyak tersebut juga dianggap sebagai yang paling sehat di antara minyak lainnya.

Oya, perlu kamu tahu, Mediterania merupakan negara-negara beriklim sedang di sekitar laut Mediterania. Daerah di sana mendapat sinar matahari yang cukup dan hasil laut yang melimpah. Jadi, selain banyak ikan-ikanan, kuliner Mediterania juga kaya akan sayur, buah, dan biji-bijian dengan kualitas yang oke.

Hidangan Mediterania terkenal kaya nutrisi, segar, lezat, dan mudah dibuat. Salah satu kuncinya adalah penggunaan minyak zaitun. Seperti kita tahu, minyak dari ekstrak buah zaitun ini menjadi ciri khas yang membuat hidangan makin gurih dan menyehatkan.

Minyak zaitun yang berwarna kuning keemasan tampak segar untuk dipadukan dengan masakan. (Medical News Today)

Aroma zaitun yang wangi dan halus digunakan untuk menumis, memasak, dan menyedapkan masakan. Zaitun hijau, misalnya, digunakan untuk makanan dingin atau mentah seperti salad, roti dan selai. Sedangkan zaitun hitam biasanya dimasak untuk topping pizza dan saus tomat.

Minyak zaitun juga klop banget jika dipadukan dengan bawang putih, tomat, pasta wijen, kacang-kacangan, kemangi, oregano, peterseli dan paprika.

Buah zaitun tumbuh subur di Yunani, Italia, Spanyol, Afrika Utara, daerah Eropa Selatan dan Asia Barat. Buah yang dalam Bahasa Italia ini disebut oliva ini mempunyai banyak jenis dan variasi ukuran, warna, kandungan minyak dan rasa. Contohnya seperti varian sevillano dari California, manzanillo dari Spanyol, kalamata dari Yunani, linguaria dari Italia, dan nicoise dan Prancis.

Buah zaitun. (Stuff)

Nah Millens, jika kamu benar-benar menyukai masakan Mediterania, paling tidak sebotol minyak zaitun harus ada di lemari makanmu, ya! (IB20/E03)