Si Kenyal Mides: Dari Pasar Pundong hingga Festival Mides

Si Kenyal Mides: Dari Pasar Pundong hingga Festival Mides
Si kenyal mides asal Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. (Resepnusantara)

Untuk memperkenalkan mides sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Bantul, Yogyakarta, warga Kecamatan Pundong menggelar festival tahunan yaitu Festival Mides. Di sana, kamu bisa menikmati lezatnya mi ini secara gratis. Hm, tertarik datang ke sana?

Inibaru.id – Sejak 2017 silam, mides atau bakmi desa telah diperkenalkan sebagai produk unggulan Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Nggak sulit untuk menemukan olahan mi yang memiliki harga merakyat ini. Kamu tinggal berkunjung ke Pasar Pundong untuk mencicipinya.

Berbeda dengan kebanyakan mi yang dibuat dari tepung gandum, mides bertekstur lebih kenyal lantaran berbahan baku tepung singkong. Mi ini telah lama dikenal masyarakat Pundong. Pamornya meningkat setelah penyelenggaraan Festival Mides pada 2018 mendapat respons positif masyarakat luas.

Olahan mides khas Pundong. (Catatansiemak)

Pada festival tersebut, kamu bisa menyaksikan proses memasak mides yang dilakukan dalam porsi yang cukup besar. Setelah matang, kamu bisa menikmati mides yang dibagikan gratis. Beralaskan daun pisang, tiap peserta yang hadir kemudian menyantap mides bersama-sama.

Kesuksesan pada 2018 lalu itu kemudian menjadikan Festival Mides masuk agenda tahunan Kabupaten bantul. April 2019 lalu, untuk kali kedua festival tersebut diselenggarakan, dengan menjadikan Pantai Parangkusumo sebagai venue-nya.

Olahan mides goreng yang pantang untuk dilewatkan. (Instagram/mie_pedes)

Tahun ini, Selain  makan mi bersama, peserta yang hadir juga bisa melihat gimana mi ini diolah dengan pelbagai kreasi. Wah, wah, tahun depan pantang melewatkannya ya, Millens!

Kalau nggak sabar menunggu tahun depan, kamu tetap bisa kok mencicipi masakan ini sendiri. Datang saja ke Pasar Pundong dan silakan puaskan dirimu! (IB06/E03)