Menyesuaikan Saus Mentai Ala Negeri Sakura dengan Lidah Orang Indonesia

Saus mentai kerap menjadi pendamping pelbagai makanan Jepang. Di negara asalnya, bumbu untuk meracik saus ini ternyata lebih simpel ketimbang saus mentai versi Indonesia, lo. Apa saja yang jadi bumbunya? Kulik, yuk.

Menyesuaikan Saus Mentai Ala Negeri Sakura dengan Lidah Orang Indonesia
Salmon dengan saus mentai kini menjadi salah satu kuliner yang tengah digandrungi. (Inibaru.id/ Artika Sari)

Inibaru.id – Penggemar kuliner Jepang pasti nggak asing dengan saus mentai. Yap, saus satu ini cukup sering digunakan dalam pelbagai makanan seperti dim sum, gyoza, hingga shirataki. Saya mengamati saus ini kerap dipakai pula dalam olahan bernama salmon mentai. Sejak Juli 2018 lalu, salmon mentai memang tengah digandrungi banyak orang.

Saya amati pula, seiring waktu, mentai nggak hanya dipadukan dengan daging salmon. Tuna, daging ayam, dan daging sapi pun kerap dicampur dengan saus ini. Supaya rasanya makin lezat, keju mozzarela atau rumput laut turut pula ditambahkan di atasnya. Bicara soal harga, kebanyakan produsen menjual seporsi olahan mentai ini sekitar Rp 35.000 – Rp 55.000.

Di negara asalnya, saus mentai sebenarnya nggak dibuat dengan bumbu sebanyak di Indonesia ya, Millens. Ini diamini Nurina Abika Satria Putri, seorang produsen olahan mentai. Lantaran penasaran, saya pun bertanya padanya. Menurut perempuan 26 tahun ini, bahan untuk membuat saus mentai di Jepang hanya terdiri atas tobiko alias telur ikan terbang yang telah diasinkan dan mayones. Dengan bahan-bahan tersebut, Abika merasa saus mentai asli nggak bisa diterima kebanyakan lidah orang Indonesia.

http://2.bp.blogspot.com/-U0sLIBvCstk/VdwtaXVK-xI/AAAAAAAAWbI/kEGHA5hcV0I/s1600/IMG_5185.JPG

Saus mentai. (findingfats.com)

“Saya pernah tanya teman saya yang sedang studi di Jepang, resep aslinya memang hanya memakai dua bahan saja. Jadi, saus mentai yang dijual di Indonesia pun sudah dimodifikasi. Supaya lebih terasa, ada beberapa bumbu yang ditambahkan di dalamnya,” jelas ibu dua anak ini.

Hm, membayangkannya saja, beberapa orang mungkin akan mengernyitkan dahi. Nggak heran, saus mentai di Indonesia kemudian dicampur dengan bumbu seperti lada, saus tomat, hingga kecap asin.

Sembari bercakap-cakap, saya mengamati Azka, suami Abika yang sedang mencairkan keju di atas salmon mentai pesanan saya. Seolah mengikuti tren, keju menjadi opsi pilihan yang ditawarkan produk salmon mentai Abika. Mayones dan keju ini menghasilkan rasa gurih yang berlipat. Dan ya, saya pun bisa bilang saus mentai modifikasi ini enak rasanya.

Ah, saya jadi pengin bikin saus mentai sendiri di rumah. Ada yang mau bantu saya? (Artika Sari/E05)