Seri Kuliner Asia Tenggara: Malaysia, Agak Mirip Kuliner Indonesia!

Di Malaysia, ada sajian makanan unik perpaduan kuliner Tiongkok dan bumbu khas Melayu.

Seri Kuliner Asia Tenggara: Malaysia, Agak Mirip Kuliner Indonesia!
Kuliner khas Malaysia (iStock)

Inibaru.id – Sekilas, negara dengan sebutan Negeri Jiran ini memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia, salah satunya perihal kuliner khas. Di Malaysia, kari dan gulai juga jadi masakan favorit, lo! Ini karena makanan Malaysia sering menggunakan santan dan rempah seperti masakan Indonesia.

Selain itu, makanan Malaysia juga dipengaruhi oleh kuliner khas Melayu, India, Arab, dan Tiongkok. Ini membuat bahan-bahan dan cara memasaknya juga memiliki banyak persamaan dengan makanan Indonesia.

Mie goreng mamak, makanan khas Malaysia. (iStock)

Tapi, jangan salah Millens, tetap ada perbedaannya kok. Perbedaan tersebut bisa kamu perhatikan dari pemilihan bumbunya. Secara keseluruhan, Malaysia lebih sering menggunakan daun kesum, belacan (terasi), daun kari, dan cabai kering. 

Misal, di Malaka, salah satu daerah pesisir di Malaysia, ada sajian yang disebut masakan Nyonya. Masakan ini merupakan hidangan Tiongkok, tapi disajikan dengan bumbu khas Malaysia lengkap dengan santan dan dominasi rasa pedas.

Variasi Hidangan Nasi

Nasi kandar. (Eats)

Malaysia juga menggunakan nasi sebagai makanan pokok. Karena itu, ada banyak makanan khas Malaysia yang menggunakan nasi sebagai menu utamanya. Dua hidangan nasi yang paling dikenal adalah Nasi Kandar dan Nasi Lemak.

Nasi Kandar adalah kuliner yang menggunakan nasi putih biasa atau nasi yang telah diberi rasa. Kemudian, nasi tersebut akan dihidangkan dengan berbagai macam lauk seperti ayam goreng, limpa kari, telur ikan, atau masih banyak lagi.

(Baca Juga: Seri Kuliner Asia Tenggara: Vietnam, Padukan 5 Elemen Rasa dan Indra!)

Satu hal yang nggak boleh terlewat dari nasi ini adalah siraman saus kari yang menjadi pelengkapnya. Kamu bisa mencoba kuliner lezat ini di daerah Penang atau Ipoh.

Sementara, dilansir dari Koran-Jakarta (26/12/2018), nasi lemak merupakan hidangan sederhana yang terdiri atas nasi yang dimasak dengan santan. Lauk nasi lemak biasanya terdiri atas ikan bilis (teri goreng), kacang goreng, sayuran, dan satu porsi sambal.

(Baca Juga: Seri Kuliner Asia Tenggara: Thailand, Penuh Rempah dan Kaya Rasa!)

Uniknya, sajian ini memiliki rasa yang berbeda-beda di setiap daerah. Jadi, jika kamu mencoba Nasi Lemak di Johor akan berbeda dengan cita rasa nasi lemak di Selangor. Wah menarik banget ya! (IB06/E03)