Menyesap Sedapnya Brongkos di Warung Brongkos Bu Rini

Menyesap Sedapnya Brongkos di Warung Brongkos Bu Rini
Brongkos Bu Rini. (Travelingyuk.com)

Jalan-jalan ke Yogyakarta nggak lengkap rasanya kalau nggak mampir ke Warung Brongkos Bu Rini. Di warung ini, kamu akan menjumpai brongkos yang gurih, pedas, dan manis dengan harga yang juga murah.

Inibaru.id – Selain terkenal dengan gudegnya, Yogyakarta juga punya kuliner andalan, yakni brongkos. Dari penampakannya, kuliner satu ini sekilas mirip rawon dengan bumbu yang lebih beragam dan isian yang lebih banyak.

Biasanya, isian brongkos terdiri atas daging sapi, tahu, dan telur, yang dipadukan dengan kacang tolo, cabai rawit, dan beberapa  bahan lain. Rasanya? Hm, gurih dan sedap!

Kalau kamu penasaran mencicipi rasa brongkos, kamu bisa datang ke Warung Brongkos Bu Rini. Warung ini termasuk salah satu yang banyak dikunjungi penggemar brongkos, lo. Repan, sang pendiri, telah menjalankan bisnis ini sejak 1973. Setelah dia meninggal, usahanya kemudian dijalankan oleh sang anak, yakni Rini.

https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2018/07/Warung-Brongkos-Bu-Rini-Legenda-Kuliner-Jogja-Sejak-1973-4.jpg

Brongkos enak disantap bersama tempe goreng (Travelingyuk.com)

Karena menggunakan kluwak, cabai rawit, dan lengkuas, rasa dari brongkos ini adalah perpaduan dari pedas, manis, dan gurih. Kuahnya yang hitam pekat dan aromanya yang kuat membuat lidahmu nggak akan tahan untuk menolaknya.

Oya, brongkos juga bisa kamu santap bersama lauk lain, lo. Warung Brongkos Bu Rini menyediakan lauk-pauk seperti tempe goreng, perkedel, peyek, dan kerupuk karak untuk melengkapi makanmu, Millens.

Untuk seporsi brongkos telur, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 13 ribu saja. Kalau pengin brongkos dengan lauk yang lengkap (telur dan koyor), harganya sedikit lebih mahal, yakni Rp 22 ribuan.

Datanglah ke depan Plaza Ngasem di Kampung Taman, Kelurahan Patehan, Kraton. Sesampai di sana, kamu akan menemukan gang kecil yang menjadi lokasi warung ini. Tapi ingat, jangan kemalaman ya. Warung ini biasanya buka pada pukul 06.00 dan tutup pukul 18.00 WIB.

Sesampai di sana, kamu juga harus sabar karena Warung Brongkos Bu Rini jarang sepi pembeli. Wah, wah! (IB15/E03)