Bola-Bola Ubi, Kue Zadul yang Kembali Hit

Bola-Bola Ubi, Kue Zadul yang Kembali Hit
Bola-Bola Ubi (Nibble.id)

Sebagai salah satu camilan tradisional, bola-bola ubi kini kembali hits dengan penampilan dan rasa yang semakin variatif. Hm, seenak apa sih camilan satu ini?

Inibaru.id – Ubi menjadi salah satu bahan dasar yang kerap digunakan untuk membuat jajanan. Umbi satu ini bisa dibuat menjadi brownies, kue pie, pancake, kue ubi keju, klepon, hingga es krim. Dari sekian banyak makanan berbahan dasar ubi, bola-bola ubi menjadi salah satu makanan tradisional yang kembali ngehits.

 

Jika dulu ubi hanya dibentuk bola-bola yang kemudian digoreng, kini banyak orang memodifikasinya agar lebih menarik. Mulai dari penampilan hingga isinya kian bervariasi. Pembuatan camilan ini pun tergolong mudah. Jadi, nggak salah dong kalau bola-bola ubi punya banyak penggemar.

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2017/10/18/12b2360f-9272-4ddd-a501-f14fed17d644.jpg?w=700&q=90

Bola-Bola Ubi dengan varian warna. (detik.com)

Jika sebelumnya bola-bola ubi berbentuk bulat padat, sekarang nggak sedikit yang membuat makanan ini menjadi kopong di bagian tengahnya. Rasanya yang lembut, renyah, dan gurih bikin kamu nggak puas kalau hanya comot sekali. Selain kopong pada bagian tengah, ada pula yang berkreasi dengan menambahkan isian. Biasanya, isian tersebut menggunakan coklat dan keju yang pastinya bikin tambah yummy.

http://mommiesdaily.com/wp-content/uploads/2010/12/C360_2010-12-30-09-08-44-600x800.jpg

Siapa yang tahan godaan kalau penampilannya seperti ini? (mommiesdaily.com)

Hanya itu? Tunggu dulu. Kreasinya nggak sebatas di isian saja, lo. Supaya rasa dan penampilannya kian manis, gula halus, lelehan cokelat, parutan kelapa, wijen, dan meses nggak jarang menjadi bahan taburan makanan ini. Duh, duh, jadi pengin makan bola-bola ubi, nih!

Eh, bola-bola ubi ini gampang dibuat, lo. Kalau penasaran pengin mencobanya, resep sederhana di bawah ini bisa kamu ikuti.

Bahan:

  • 400 gram ubi jalar (kukus dan haluskan)
  • 100 gram tepung tapioca
  • 40 gram tepung maizena
  • 60 gram gula halus
  • 1 sendok teh baking powder double acting

Campur semua bahan di atas, kemudian uleni dengan tangan hingga bentuknya kalis. Setelah kalis, bentuklah adonan menjadi bola-bola dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, goreng bola-bola dengan api kecil-sedang hingga kulitnya berubah warna menjadi merah. Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan.

Bola-bola ubi. (resepkoki.id)

Gimana, gampang, kan? Daripada bosan nggak ada kegiatan, lebih baik isi waktumu dengan membuat bola-bola ubi ini. Selain mengasah keterampilan memasakmu, perutmu juga dijamin kenyang. Kuy! (IB15/E03)