Menyantap Kuluban, Salad Sayur dari Tanah Kelahiran Kartini

Menyantap Kuluban, Salad Sayur dari Tanah Kelahiran Kartini
Kuluban. (Instagram.com/makanan_jepara)

Mengunjungi Jepara, nggak bakal sulit menemukan menu makanan sastu ini. Kuluban namanya. "Salad" khas Indonesia yang terdiri atas sayuran yang dicampur kelapa parut berbumbu cukup sederhana, tapi bikin kangen mencobanya lagi dan lagi.

Inibaru.id – Kamu sedang berlibur ke Jepara? Jangan hanya mengunjungi tempat-tempat wisatanya saja. Kamu juga harus mencoba makanan khas kota kelahiran Kartini itu. Salah satu makanan khas Jepara yang wajib kamu coba adalah kuluban.

Makanan yang sering dikenal dengan salad ala Jepara itu merupakan makanan tradisional berisi aneka ragam sayuran. Dalam seporsi kuluban, kamu bisa menemukan kangkung, bayam, kacang panjang, petai, tauge, dan nangka muda.

Aneka sayuran, kecuali tauge, telah direbus terlebih dulu, Millens. Sayuran kemudian dicampur dan ditaburi dengan bumbu kelapa. Terasa segar dan menyehatkan bukan? Kamu juga nggak perlu takut gendut setelah menyantap kuluban.

Kuluban berisi beraneka ragam sayuran. (Instagram.com/nonamelinda)

Di beberapa daerah, kuluban disebut dengan nama lain, jadi nggak heran kalau menjumpai makanan ini, tapi dengan nama yang berbeda. Yap, sepintas, kuluban memang terlihat seperti urap atau gudangan. Namun, tentu saja kuluban berbeda dan kamu hanya bisa menemukannya di Jepara.

Kuluban mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional Jepara lo. Jadi, kamu nggak perlu bingung mencarinya jika sedang berada di kabupaten yang berdekatan dengan Kudus ini.

Nah, kalau sedang berwisata ke Jepara, sempatkanlah menjajal makanan tradisional yang satu ini ya! Hati senang setelah liburan, perut pun kenyang dengan seporsi kuluban. (IB10/E03)