Menyambangi Magelang, Menikmati 3 Makanan Khasnya

Menyambangi Magelang, Menikmati 3 Makanan Khasnya
Mangut iwak beong. (Travelingyuk)

Magelang terkenal dengan kupat tahunya. Namun, kota tersebut juga memiliki menu kuliner lain yang perlu kamu coba, yakni mangut beong dan nasi lesah. Seperti apa rasanya?

Inibaru.id – Rasa lapar di perjalanan bisa menyergap kapan saja, termasuk saat berwisata ke suatu tempat. Mencicipi makanan khas di kabupaten atau kota yang kita kunjungi tentu menarik dicoba, termasuk saat berkunjung ke Magelang.

Selain sebagai kota wisata, kabupaten berjuluk Kota Seribu Bunga itu juga dikenal dengan pelbagai menu kuliner yang khas. Apa saja ya?

Kupat Tahu

Kupat Tahu. (gilpras30.blogspot)

Mungkin nggak ada makanan yang lebih tersohor dari kupat tahu di Magelang. Berbahan utama ketupat, tahu yang telah digoreng, dan bumbu kacang, makanan ini pantang kamu lewatkan saat berkunjung ke Magelang.

Sekilas, makanan ini mirip tahu gimbal di Semarang, tahu campur di pesisir utara Jawa Tengah, atau lontong  tahu di Kudus. Rasanya? Bikin kamu pengin kembali lagi ke Magelang!

Mangut Beong

Mangun beong. (Pencaritravel.blogspot)

Terkenal akan kelezatannya, mangut beong menjadi sajian paling populer di kawasan Borobudur. Bahannya dari daging ikan beong yang berasal dari Kali Progo. Ikan beong ini merupakan hasil tangkapan alam, karena sulit untuk dibudidayakan.

Mangut beong menjadi buruan para pencinta kuliner pedas. Campuran bumbu cabai dan rempah-rempah sungguh membuat tubuh berkeringat. Lidah terbakar, tapi mulut nggak mau berhenti mengunyah!

Nasi Lesah

Nasi Lesah. (Twitter/waroenglesah)

Salah satu kuliner yang nggak kalah lezatnya yaitu nasi lesah. Kuliner ini juga merupakan khas Magelang yang berasal dari Pasar Rejowinangun. Isiannya terdiri atas nasi, bihun, tauge, potongan tahu bacem dan ayam yang disiram kuah santan.

Tertarik menikmati tiga menu andalan Magelang ini? Kuy mampir dulu kalau pengin mencicipinya! (IB20/E03)