Menu Takjil: Mudahnya Membuat Wafer Blondies Bertabur Chocochips

Blondies atau semacam brownies tanpa cokelat, tentu bakal menjadi takjil yang enak banget. Dengan paduan wafer dan chocochips, kue ini tentu akan membuat buka puasamu kian bersemangat!

Menu Takjil: Mudahnya Membuat Wafer Blondies Bertabur Chocochips
Wafer blondies bertabur chocochip. (smittenkitchen.com)

Inibaru.id - Kita bisa jadi lebih mengenal kue brownies dibanding "saudara"-nya, yakni blondies. Blondies berasal dari kata "blonde" yang berarti pirang. Yap, blondies merupakan brownies tanpa cokelat. Sebagai takjil, kedua kue itu tentu sama-sama menggiurkan, apalagi kalau dipadu wafer dan chocochips.

Kalau kamu belum punya menu takjil hari ini, mencoba membuat Wafer Blondies dengan Chocochips mungkin bisa menjadi pilihan tepat. Bahan dan cara membuat blondies nggak jauh berbeda dengan brownies tapi tanpa cokelat bubuk dan lelehan cokelat compound. Blondies cocok buatmu yang nggak terlalu suka cokelat atau rasa manis.

Nah, biar rasa kue ini nggak terlalu hambar, kamu bisa menambahkan wafer plus chocochips. Yap, blondies memang nggak terlalu manis. Rasa ini tentu lebih cocok sebagai pembuka puasa biar perut kita nggak kaget. 

Mengutip dari blog memasak justtryandtaste.com, membuat camilan ini gampang banget. Nggak perlu bahan yang susah didapat dan alat-alat memasak yang banyak. Yang terpenting adalah proses mengaduknya ya, Millens! Intinya jangan overmixing karena bakal bikin kue ini bantat.

Blondies. (smittenkitchen.com)

Untuk membuatnya, kamu bisa mencampur bahan kering berupa 195 gram tepung terigu, 65 gram tepung maizena, dan seperempat sendok teh garam. Sementara pada wadah lain, kamu bisa mencampur bahan basah berupa 200 gram mentega leleh, 150 gram brown sugar, dan 100 gram gula pasir. Setelah rata, tambahkan dua kuning telur, dua sendok madu, dan satu sendok ekstrak vanila.

Masukkan bahan kering ke bahan basah dengan cara diayak. Sesudah itu, aduk rata tapi jangan terlalu berlebihan. Biar ada sensasi rasa cokelat, tambahkan potongan cokelat compound ke dalamnya.

Kalau sudah beres, tuangkan adonan ke loyang. Tata wafer di dasar loyang, kemudian tuang setengah bagian adonan di atasnya. Tata lagi wafer dan tuang sisa adonannya. Taburi chocochips dan panggang selama 50 menit dalam suhu 170 derajat Celsius.

 

Blondies. (smittenkitchen.com)

Oia Millens, sebaiknya kue ini nggak kita panggang dengan kematangan yang sempurna. Usahakan bagian tengah kue masih lembah dan moist. Jika kita memanggangnya terlalu sempurna, kue ini bakal keras dan nggak istimewa.

Bagaimana, sudah bisa membayangkan cara mengeksekusi resep ini? Yuk, mumpung masih ada waktu sebelum buka puasa! (IB20/E03)