Menu-Menu Khas Jawa Ada di Warung Ijo Baciro Yogyakarta

Menu-Menu Khas Jawa Ada di Warung Ijo Baciro Yogyakarta
Warung Masakan Khas Jawa. (Tribunnews/Hamim Thohari)

Di tempat ini, kamu bakal dimanjakan dengan masakan rumahan yang menggugah selera. Namanya Warung Ijo Baciro.

Inibaru.id – Mencicipi makanan khas adalah salah satu alasan orang berwisata ke daerah tertentu. Nah, kalau kamu bertandang ke Yogyakarta, sempatkanlah mampir ke Warung Ijo Baciro. Berlokasi di Jalan Argolubang Gang Delima No 39, warung yang buka sejak 1971 ini konsisten menyajikan masakan khas Jawa.

Semula, tempat makan ini didirikan mendiang Samirah Hadi Mulyono. Kini, Warung Ijo Baciro dikelola menantunya, Siti Jamidah. Di tempat tersebut, kamu bisa memilih nggak kurand dari 15 jenis masakan, mulai dari sayur hingga lauk pauk.

Seporsi nasi merah di Warung Ijo Baciro. (Tribun Jogja/ Hamim)

Salah satu menu andalan di Warung Ijo Baciro adalah Brongkos. Perlu kamu tahu, brongkos adalah masakan mirip rawon yang di dalamnya berisi kulit melinjo, kacang tolo, dan potongan daging atau lemak sapi. Di Yogyakarta, brongkos dikenal sebagai salah satu menu favorit Sultan Hamengkubuwono X, lo!

Oya, kamu yang tengah membatasi makanan atau on diet, sudah benar kalau kamu berkunjung ke tempat ini. Kamu bisa memilih menu nasi merah. Untuk minumnya, pelbagai jamu juga bisa kamu pesan di warung yang buka mulai pukul 07.00 WIB ini, seperti beras kencur, kunir asem, dan wedang asem.

Warung Ijo Baciro. (Wisatakulinerjogja)

Warung Ijo Baciro memang konsisten menyajikan masakan khas Jawa. Yang menarik, masakan-masakan tersebut tetap disajikan laiknya masakan rumahan. Dari segi harga, tempat tersebut juga cukup ramah di kantong. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 1.000 hingga Rp 12 ribu saja.

Hm, menarik ya! Sembari menunggu virus corona mereda, mungkin kamu bisa memasukkan rumah makan tersebut ke dalam daftar kunjungmu kalau ke Yogyakarta kali ya! (IB24/E03)