Menu Kuliner Unik dari Pekalongan: Satai Ayam Berkuah

Menu Kuliner Unik dari Pekalongan: Satai Ayam Berkuah
Satai ayam berkuah khas Pekalongan. (Humas.jatengprov)

Dengan kecap dan sambal kecap, menyantap satai sudah terasa enak di lidah. Gimana jadinya jika makanan ini disantap pula dengan kuah? Hm, untuk mengetahuinya, kamu sebaiknya mencicipi satai ayam kuah. Di Pekalongan, satai ini punya banyak penggemar, lo.

Inibaru.id – Satai biasanya hanya dilengkapi dengan sambal kacang. Namun, di Pekalongan, kamu bakal menjumpai satai ayam yang nggak biasa lantaran menggunakan kuah. Ya, sekali mencobanya, kamu mungkin bisa ketagihan.

Satai ayam kuahnya biasanya bisa dijumpai pada pagi hari. Sebelum dibumbui dengan kecap dan sambal kacang pada bagian atasnya, satai ini telah diguyur kuah berwarna kuning kecokelatan.

Dari tampilannya, kuah ini mengingatkanmu pada gulai. Tekstur dagingnya yang empuk berpadu dengan pas bersama kuah. Rasanya gurih dan bikin nagih, lo.

Sepuluh tusuk satai ayam kuah biasanya dijual dengan harga Rp 25 ribu-Rp 30 ribu. Makanan ini bisa kamu jumpai di kawasan Pecinan, tepatnya di dekat Kelenteng Po An Thian. Kalau pengin menyantapnya, datanglah lebih awal supaya nggak terlalu lama antre ya.

Kapan kamu ke Pekalongan untuk mencicipi satai ayam kuah, Millens? Supaya sarapanmu makin mantap, jangan lupa bikin kopi tahlil ya.

Hm, memulai hari jadi terasa lebih menyenangkan dengan makanan ini. Eh, kalau pengin nambah, jangan sungkan-sungkan ya! He-he. (IB15/E03)