Menu Buka Puasa Sehat, Jangan Gorengan Melulu

Menu Buka Puasa Sehat, Jangan Gorengan Melulu
Kurma adalah salah satu menu buka puasa sehat. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Daripada buka puasa dengan gorengan yang kurang sehat, coba deh kamu mencicipi menu buka puasa sehat seperti berikut ini. Dijamin bikin energi cepat pulih, deh.

Inibaru.id – Orang Indonesia sebenarnya nggak ribet-ribet banget kalau soal memilih menu buka puasa. Sayangnya, kita seringkali memilih menu yang nggak sehat seperti minuman-minuman manis atau bahkan gorengan. Padahal, kalau mau cermat, ada banyak lo menu buka puasa sehat dan nikmat yang bisa kita coba.

Nah, daripada buka puasa dengan gorengan atau minuman manis melulu, coba deh menu-menu buka puasa sehat seperti berikut ini.

1.       Kurma

Kurma nikmat untuk dikonsumsi saat berbuka. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Kurma nikmat untuk dikonsumsi saat berbuka. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau yang ini sih menu buka puasa sehat sejuta umat. Jauh sebelum Ramadan, kurma bahkan sudah bisa ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan. Rasanya manis dan bisa bikin rasa lapar kamu berkurang saat berbuka.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan gula alami yang bisa dengan cepat mengembalikan energi tubuh yang terkuras selama berpuasa.

Ambil beberapa butir kurma sebagai menu buka puasa kamu. Imbangi dengan air putih agar lebih sehat, ya? Pasti sangat nikmat, kok.

2.       Puding Buah

Puding buah. (Flickr/qilin)
Puding buah. (Flickr/qilin)

Kalau mau ribet sedikit, bisa kok membuat puding. Kalau kamu makan puding buah, dijamin bakal mendapatkan asupan serat sekaligus vitamin yang sangat banyak. Hal ini tentu sangat baik bagi tubuh kamu, Millens.

Ada beberapa jenis buah yang bisa kamu jadikan puding seperti stroberi atau manga. Namun tetap saja, kamu harus cermat memilih rasa puding yang ingin kamu buat agar nggak bertabrakan, ya?

3.       Oatmeal

Oatmeal. (Flickr/

やましこ)
Oatmeal. (Flickr/ やましこ)

Oatmeal nggak hanya cocok untuk dikonsumsi saat sarapan, Millens. Kamu juga bisa menjadikannya menu buka puasa yang nikmat, kok. Serat dan karbohidratnya juga tinggi. Kamu bisa segera mengembalikan energi tubuh dengan cepat, deh.

Serat juga cocok bagi mereka yang ingin tetap menjaga program diet selama berpuasa. Makanan ini bisa bikin kamu kenyang lebih lama sehingga kamu pun nggak akan tertarik ngemil-ngemil yang nggak sehat di malam hari.

Biar lebih nikmat, tambahin deh buah, susu, atau kacang-kacangan di atas oatmeal. Dijamin rasanya jadi semakin nikmat, deh.

4.       Gado-gado

Gado-gado. (Flickr/

Ron Dollete)
Gado-gado. (Flickr/ Ron Dollete)

Mengingat orang Indonesia banyak yang langsung makan berat saat buka puasa, makan gado-gado tentu nggak akan jadi masalah, bukan? Apalagi, gado-gado kan termasuk dalam makanan sehat karena punya banyak sayuran.

Nggak hanya tinggi serat, kamu bisa menemukan protein dari telur dan tahu serta kalori dari bumbu kacang. Lengkap banget deh nutrisinya.

5.       Milkshake Pisang

Milkshake pisang. (Flickr/Konstantin Leonov)
Milkshake pisang. (Flickr/Konstantin Leonov)

Pisang tinggi kandungan serat, potassium, dan vitamin. Rasanya juga enak sehingga cocok untuk kamu jadikan menu buka puasa. Kalau bosan mengonsumsi buah pisang, kamu bisa kok menjadikannya milkshake.

Caranya, mudah, kamu tinggal memblender secangkir susu dengan satu atau dua pisang. Setelah itu, kamu tinggal meminumnya, deh.

Jadi, menu buka puasa sehat apa yang ingin kamu coba hari ini, Millens? (Say/IB09/E05)