Menjajal Kelezatan Satai Blengong Brebes, Berserat tapi Lembut

Menjajal Kelezatan Satai Blengong Brebes, Berserat tapi Lembut
Satai blengong. (Ksmtour)

Blengong adalah hewan hasil kawin silang antara itik dan entok. Dagingnya liat, lembut, tapi tetap berserat. Hm, kebayang dong gimana kalau daging itu dibikin satai?

Inibaru.id – Berjalan-jalan di berbagai sisi Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kamu nggak bakal kesulitan menemukan kedai penjual masakan satu ini. Satai blengong namanya. Satai khas kabupaten paling barat di Jawa Tengah itu biasanya disajikan bersama kupat glabed, lalu disiram dengan kuah kuning.

Oya, blengong merupakan hewan hasil perkawinan antara itik atau bebek pelari dengan entok atau bebek serati. Dengan pengolahan yang tepat, blengong yang juga sering disebut brati atau tiktok bertekstur daging liat, lembut namun berserat.

Nah, tekstur itulah yang akan kamu rasakan ketika menyantap sate blengong. Berbeda dengan satai ayam atau kambing yang bisa langsung dibakar dalam keadaan mentah, daging blengong nggak langsung dibakar, melainkan diungkep lama bersama kuah berbumbu merah pekat.

Satai blengong khas Brebes, Jawa Tengah. (Kompas/Kristianto Purnomo)

Proses mengungkep tersebut akan menghasilkan daging blengong yang empuk dan nggak amis saat disantap. Kemudian, saat membakar, satai blengong menggunakan tusuk yang lebih panjang. Hm, puas memakannya!

Setelah matang, satai blengong biasa dimakan bersama kupat glabed, sejenis ketupat yang banyak ditemukan di sepanjang wilayah Brebes, Tegal, dan Pemalang.

Kamu bisa menemukan menu kuliner khas Brebes ini hampir di setiap sudut kota, mulai dari Alun-alun hingga kompleks Islamic Center Brebes.

Kupat glabed sebagai menu pendamping sate blengong. (Kompas/Kristianto Purnomo)

Para pedagang sate blengong ini mulai membuka lapaknya sekitar pukul 15.00 WIB hingga tengah malam. Kalau kamu nggak mau kehabisan, sebaiknya datanglah lebih awal karena akan banyak pembeli yang berdatangan terutama pada saat liburan.

Untuk menikmati satai blengong, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 14.000-20.000 per porsi. Seporsi satai biasanya terdiri atas satu tusuk satai plus nasi, lontong, atau ketupat.

Hm, menggiurkan! Jangan lupa bubuhi satai blengongmu dengan bawang merah goreng dan kerupuk ya! (IB20/E03)