Menikmati Pecel Gambringan yang Melegenda

Pecel adalah salah satu masakan khas Tanah Air yang dikenal luas oleh masyarakat. Makanan yang juga kerap dianggap sebagai makanan yang enak sekaligus sehat ini juga memiliki banyak sekali jenis. Beberapa daerah seperti Madiun, Kebumen, atau bahkan Yogyakarta memiliki pecel khasnya sendiri-sendiri.

Menikmati Pecel Gambringan yang Melegenda
pecel gambringan adalah kuliner khas grobogan yang melegenda dan penuh memorabilia (Foto: google)

inibaru.id - Pecel adalah salah satu masakan khas Tanah Air yang dikenal luas oleh masyarakat. Makanan yang juga kerap dianggap sebagai makanan yang enak sekaligus sehat ini juga memiliki banyak sekali jenis. Beberapa daerah seperti Madiun, Kebumen atau bahkan Yogyakarta memiliki pecel khasnya sendiri-sendiri. Namun, ada satu jenis pecel yang namanya sangat melegenda di sekitar Jawa Tengah. Pecel tersebut adalah pecel Gambringan.

Sebenarnya, berbagai jenis pecel yang ada di Tanah Air cenderung sama saja. Yang membedakan biasanya hanyalah racikan sambal pecel yang memiliki cita rasa yang berbeda. Pada pecel Gambringan sendiri, kita akan menemukan bahan-bahan pecel seperti biasanya seperti sayur bayam, kangkung, kacang panjang, kol, dan juga kecambah. Pecel Gambringan sendiri akan kurang nikmat untuk disantap tanpa adanya nasi hangat.

Baca juga:
5 Kuliner Solo yang Harus Anda Cicipi Sebelum Punah
Tradisi Nyate Madura Ajarkan Persatuan

Setelah semua bahan ini ditempatkan pada piring khas yang terbuat dari daun pisang, bumbu sambal kacang pun disiram pada bahan tersebut dan pecel khas kabupaten Grobogan ini pun siap untuk disantap. Nah, untuk membuat cita rasa pecel Gambringan ini menjadi lebih nikmat, ada baiknya kita menyantapnya dengan ditemani peyek kacang berukuran besar.

Lantas, mengapa pecel gambringan ini bisa begitu melegenda? Yap, rupanya hal ini disebabkan oleh banyaknya orang yang dulu sengaja naik kereta hanya untuk mampir ke stasiun kereta api Gambringan yang ada di Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Di stasiun kereta inilah, mereka bias menikmati nasi pecel Gambringan yang akan melengkapi perjalanan mereka.

Dulu, pecel ini memang hanya dijual di stasiun kereta api ini. Menurut catatan sejarah, sejak tahun 1940-an stasiun kereta ini memang sudah dijadikan tempat berjualan nasi pecel. Tak hanya di emperan stasiun, banyak penjual stasiun Gambringan yang bahkan masuk ke dalam gerbong kereta untuk menawarkan nasi pecel ini.

Baca juga:
Selama di Lombok, 6 Makanan Ini Pasti Bikin Ketagihan
Indomie, Cita Rasa Kuliner Khas Indonesia Dalam Kemasan

Ramai Peminat

Karena peminat nasi pecel ini begitu banyak, penjual nasi pecel Gambringan bahkan bisa ditemukan hingga stasiun Bojonegoro atau stasiun Poncol di kota Semarang. Sayangnya, sejak pihak Kereta Api melarang pedagang naik di dalam gerbong kereta bahkan berjualan di emperan kereta api, kini tak ada lagi penjual pecel di stasiun Gambringan. Stasiun yang dulu ramai sebagai tempat wisata kuliner ini pun kini jadi sepi. (AS/IB)