Mengulik Nutrisi Pakis, Daun Tinggi Protein yang Bisa Jadi Teman Diet

Mengulik Nutrisi Pakis, Daun Tinggi Protein yang Bisa Jadi Teman Diet
Tumis daun pakis. (Sindonews)

Daun pakis adalah salah satu tanaman yang kerap diolah menjadi pelbagai masakan. Nggak hanya enak, kandungan nutrisi dalam daun ini juga melimpah, lo. Apa saja manfaat daun ini untuk kesehatan?

Inibaru.id – Daun pakis kerap diolah menjadi pelbagai masakan seperti sayur gurih hingga gulai paku. Nggak hanya enak dimasak, rupanya daun pakis juga memiliki kandungan gizi yang terdiri atas vitamin A, C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan protein. Kandungan proteinnya 4,5 kali lebih banyak daripada sayuran hijau lainnya, lo.

Menilik kandungan gizinya, daun pakis tentu bisa menjadi teman dietmu. 100 gram kalori hanya mengandung 39 kkal. Angka ini tentu lebih kecil jika dibandingkan dengan kale yang per 100 gramnya mengandung 49 kkal. Eh, tapi gimana ya mengolahnya?

Image result for jenis pakis

Pakis yang biasa dijadikan sayur. (tropicalplantbook.com)

Cara tersehat mengolah daun pakis sebagai makanan diet adalah merebusnya. Dengan merebusnya, kamu bisa memakan daun ini sebagai pecel. Asal ingat, bumbu kacang yang kamu pakai juga sebaiknya bukan bumbu seperti biasa ya. Bumbu pecel biasa mengandung kalori yang tinggi, dan kamu bisa menyiasati ini dengan menggunakan kacang mede.

Dengan mengonsumsi daun pakis secara rutin, ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh. Manfaat itu antara lain menyehatkan jantung dan menurunkan kadar gula. Daun ini juga dipercaya bisa menjadi obat peningkat nafsu makan bagi anak-anak. Kalau adikmu ada yang susah makan, daun pakis bisa jadi sayur yang kamu tawarkan padanya.

Gimana, masih malas makan sayur? Jangan bikin alasan untuk nggak makan daun pakis ya, Millens! (IB15/E05)