Mengonsumsi Makanan-Makanan Ini Saat Sahur Bisa Bikin Cepat Lapar

Mengonsumsi Makanan-Makanan Ini Saat Sahur Bisa Bikin Cepat Lapar
Perhatikan asupan makan saat sahur. (Kazoka30)

Hayo, tadi kamu sahur menyantap makanan apa? Jika yang kamu konsumsi tepat, tubuh kamu pasti bisa mengelola energi lebih baik. Sebaliknya, jika makan sembarangan, kamu bisa merasa lapar dengan cepat. Apa saja ya makanan-makanan yang justru bisa membuat mudah lapar?

Inibaru.id – Makanan yang kamu konsumsi saat sahur bisa memberikan pengaruh besar terhadap ketahanan energi saat berpuasa, lo. Memilihnya tentu bukan hal yang mudah, apalagi jika kamu cendrung memiliki aktivitas sehari-hari yang tinggi. Karena alasan inilah sebaiknya kamu memilih menu sahur yang tepat agar nggak mudah lemas atau cepat lapar selama berpuasa.

Biar puasamu lancar, ada baiknya kamu mengetahui makanan-makanan yang perlu kamu hindari saat sahur. Berikut adalah beberapa makanan-makanan tersebut.

Nasi Putih

Nasi putih bisa membuat gula darah naik. (Jogja.tribunnews)<br>
Nasi putih bisa membuat gula darah naik. (Jogja.tribunnews)

Masyarakat Indonesia selalu merasa belum benar-benar makan kalau belum makan nasi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan nasi dalam membuat perut kenyang. Eits, ternyata mengonsumsi nasi bisa membuatmu mudah lapar dan haus, lo. Ini karena nasi putih sangat mudah untuk diolah di dalam perut sehingga membuat kadar gula darah cepat naik. Sayangnya, hal ini kemudian diikuti dengan anjloknya kadar gula darah atau sugar crush. Inilah yang membuat kamu mudah lapar.

Jangan berlebihan makan nasi putih saat sahur. Selain itu, kamu juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi basmati yang bisa menjaga energi bertahan lebih lama.

Jus Buah

Sebaiknya buah dikonsumsi secara langsung, nggak dibikin jus. (Alodokter)<br>
Sebaiknya buah dikonsumsi secara langsung, nggak dibikin jus. (Alodokter)

Jus buah ternyata nggak selalu baik bagi tubuh, lo, Millens. Pakar kesehatan bahkan lebih menyarankan konsumsi buah segar daripada minum jus. Kamu juga nggak disarankan untuk mengonsumsinya saat sahur.

Hal ini disebabkan oleh kandungan serat di dalam jus buah yang sudah hancur saat diolah. Meski bisa menyediakan vitamin dan nutrisi lainnya, tanpa serat, tubuh pun kesulitan menjaga energi tahan lama. Jika kamu hanya minum jus saat sahur, tentu akan mudah lapar saat berpuasa.

Roti Tawar Putih

Ganti roti tawar dengan roti gandum jika pengin kenyang lebih lama. (Popular)<br>
Ganti roti tawar dengan roti gandum jika pengin kenyang lebih lama. (Popular)

Mengonsumsi roti tawar saat sahur nggak akan membuatmu kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini karena roti tawar nggak mengandung serat dan biji-bijian utuh. Kamu dapat menggantinya dengan memakan roti gandum untuk untuk dikonsumsi saat sahur. Roti gandum memiliki kandungan serat lebih tinggi dan indeks glikemik yang lebih rendah. Hal ini akan membuat tubuh mendapatkan sumber energi yang cukup untuk berpuasa seharian.

Sereal dengan Pemanis Buatan

Sereal mengandung kalori yang kurang. (Hellosehat)<br>
Sereal mengandung kalori yang kurang. (Hellosehat)

Makan sereal saat sahur memang praktis untuk dilakukan. Rasanya pun manis dan crunchy. Sayangnya, kamu akan lebih mudah lapar dan lemas saat berpuasa. Hal ini disebabkan oleh indeks glikemiknya yang tinggi sehingga bisa membuat sugar crush atau penurunan kadar gula darah. Hal inilah yang kemudian membuatmu mudah lapar saat puasa.

Putih Telur

Konsumsi telur jangan hanya putihnya saja, tapi juga kuningnya. (Allrecipes)<br>
Konsumsi telur jangan hanya putihnya saja, tapi juga kuningnya. (Allrecipes)

Ada orang yang hanya makan putih telur karena khawatir bagian kuning telurnya akan menyebabkan kenaikan kolesterol. Padahal, hal ini nggak benar. Makan kuning telur asalkan tidak berlebihan nggak akan membuat kolesterol naik, kok.

Kalau kamu hanya makan putih telur saat sahur, bisa jadi akan membuat kamu mudah lapar saat berpuasa. Sebaiknya kamu mengonsumsi telurnya secara utuh agar energi terjaga seharian.

Yuk, pilih makanan-makanan yang tepat saat sahur, Millens. Biar kamu bisa kuat seharian! (Wol/MG26/E07)