Menggoyang Lidah dengan Sambal Tumpang Koyor Khas Salatiga

Menggoyang Lidah dengan Sambal Tumpang Koyor Khas Salatiga
Sambal Tumpang Koyor. (Mojok)

Sambal Tumpang Koyor menjadi salah satu makanan khas Kota Salatiga. Dengan harga yang relatif murah, makanan ini jadi favorit masyarakat di sana. Apa yang bikin kuliner ini terasa unik? Cari tahu jawabannya di sini yuk!

Inibaru.id – Bawang merah, bawang putih, kencur, daun jeruk, daun salam, cabai, dan lengkuas, itulah rasa yang tercipta saat mencicipi Sambal Tumpang Koyor. Sekilas, sambal khas Kota Salatiga, Jawa Tengah, ini nggak jauh berbeda dengan sambal tumpang lain, kecuali keberadaan santan dan koyor yang menjadi pembeda.

Koyor adalah semacam urat sapi pada bagian mulut, pipi, dan dengkul. Selain koyor, sambal tumpang itu juga diberi tambahan tulang muda dan krecek dengan rasa yang menggugah selera.

http://www.infomakan.com/wp-content/uploads/2014/10/koyor3.jpg

Sambal Tumpang Koyor. (Infomakan)

Itu saja? Eits, tunggu dulu! Sambal tumpang koyor belum lengkap tanpa tahu serta tempe "tua". Sambal ini biasanya dimakan dengan serutan daun pepaya, kerupuk karak, dan serundeng.

Nah, kalau kebetulan pas berada di Salatiga, jangan lupa mencicipinya, ya! Seporsi sambal tumpeng koyor biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 10 ribu saja. Pas di kantong, bukan?

Cobalah sesekali!. Lalu, kalau kebetulan punya waktu, bikin sambal ini sendiri juga bisa. Mudah, kok! Resepnya juga bertebaran di internet! (IB15/E03)