Menggoyang Lidah dengan Nasi Grombyang, Kuliner Asli Pemalang

Menggoyang Lidah dengan Nasi Grombyang, Kuliner Asli Pemalang
Nasi grombyang (tripadvisor.com)

Pemalang punya satu kuliner istimewa yang jika diartikan sebagai "nasi bergoyang". Kenapa bisa diberi nama demikian?

Inibaru.id – Selalu ada cerita menarik di balik penamaan makanan tradisional di suatu daerah, nggak terkecuali di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Di kota yang diapit Tegal dan Pekalongan itu, ada satu makanan yang diberi nama Nasi Grombyang. Dalam bahasa setempat, grombyang berarti bergoyang. Hm, "nasi bergoyang"?

Buat kamu yang tinggal di Pemalang dan sekitarnya, sega (nasi) grombyang tentu bukanlah makanan yang asing di telinga. Oya, nama grombyang atau "goyang" sebenarnya merujuk pada kuah yang menutupi nasi dan memenuhi mangkok. Nah, kuah tersebut seakan membuat mangkok bergoyang. Ha-ha. Agak membingungkan, sih.

Image result for nasi grombyang

Kalo tampilannya kayak gini, yakin masih mau diet? (Instagram/Veni Julianti)

Untuk mencicipi nasi grombyang, kamu bisa singgah ke kedai Nasi Grombyang Haji Warso yang berada di Jalan RE Martadinata, sekitar sepelemparan batu dari alun-alun kota Pemalang. Konon, kedai itu merupakan salah satu tempat paling legendaris di kabupaten tersebut.

Kuah nasi grombyang di sini top banget! Rasanya segar, harganya pun murah. Untuk satu porsi nasi grombyang, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 17 ribu.

Selain nasi grombyang, rumah makan ini juga menyediakan sate kerbau dan usus sapi yang per tusuknya seharga Rp 5.000, lo. Murah, kan?

Nasi Grombyang Haji Warso. (jowonews.com)

Uniknya, saat  masuk ke gerai ini, pembeli akan disambut gentong besar milik penjual yang berisi kuah nasi grombyang. Kuah nasi grombyang sepintas mirip rawon karena bahan dasar kaldunya sama-sama menggunakan kluwek. Bedanya, kuah grombyang lebih encer ketimbang rawon.

Nasi grombyang biasanya disajikan dalam mangkuk kecil berisikan nasi, irisan daging, lemak sapi, serta taburan daun bawang, yang kemudian diguyur dengan kuah kaldu. Kebayang, dong, seperti apa nikmatnya kuliner satu ini?

Nasi grombyang bisa dimakan bersama lauk lain (Instagram/Semarangfoodhunter)

“Nasi grombyang di sini enak banget, mantap rasanya. Bumbunya terasa dan dagingnya juga empuk,” puji Efendi Yulianto, salah seorang pengunjung, dikutip dari laman review Google Maps.

Untuk melengkapi makanmu, kamu bisa memesan beberapa menu minuman seperti es teh, es jeruk, dan air mineral. Karena gerai nasi ini selalu ramai, bersabarlah menunggu pesananmu ya.

Kalau kamu tertarik mencicipi nasi grombyang di Gerai Nasi Grombyang Haji Warso, datanglah pada pukul 09.00-21.00 WIB. Sekadar saran, lantaran parkirnya yang terbatas, datanglah di luar jam makan atau pakailah sepeda motor yang lebih fleksibel. Gas, Millens! (IB15/E03)