Vanili, Anggrek Wangi yang Dipakai untuk Aroma Makanan

Vanili, Anggrek Wangi yang Dipakai untuk Aroma Makanan
Biji vanili. (Nutiana)

Aroma vanila yang harum dan lembut selalu bersahabat dengan indra perasa dan penciuman kita. Tapi yakinkah kamu sudah pernah mencicip rasa vanila yang asli? Bisa jadi selama ini kita hanya merasakan aroma vanila buatan!

Inibaru.id - Kamu pencinta semua hal yang bearoma vanila? Hm, es krim, keik, wafer, susu bahkan parfum vanila pasti bikin nagih jika kamu benar-benar bisa menikmati wanginya. Bagi sebagian orang, baunya bisa bikin rileks hati dan pikiran, lo. Eniwei, apakah kamu tahu dari mana asal aroma vanila itu?

Vanila merupakan aroma yang dihasilkan oleh buah vanili. Buah ini berasal dari beberapa jenis tanaman anggrek yang berasal dari genus Vanilla.

Ada tiga jenis anggrek yang menjadi sumber utama vanila, yaitu Vanilla planifolia, Vanilla tahitensis, dan Vanilla pompona. Namun, mayoritas vanila di dunia berasal dari jenis anggrek Vanilla planifolia.

Kembang "anggrek" vanilla planifolia. (Ruang Pertanian)

Vanila di banyak negara menjadi komoditas yang seksi karena harganya mahal dan banyak dicari. Harga vanili per kilogram mencapai jutaan rupiah bahkan bisa sampai belasan juta rupiah jika produksinya sedang menurun.

Nah, selain Madagaskar dan pulau-pulau barat daya Samudra Hindia, Indonesia juga menjadi salah satu negara penghasil vanili, lo. FYI, gabungan produksi vanili dari Madagaskar dan Indonesia bisa mencapai dua per tiga suplai vanili di dunia.

Meski menjadi negara penghasil buah vanili, nggak semua makanan atau minuman rasa vanila yang kamu makan sehari-hari terbuat dari buah vanili murni, Millens. Susu, keik dan es krim rasa vanilla yang harganya murah umumnya menggunakan vanila buatan. Itu karena harga vanila murni mahal banget.

Vanila buatan kebanyakan dibikin menggunakan vanillin, yaitu suatu zat yang diproduksi secara sintetis dari lignin. Lignin adalah polimer yang banyak terdapat pada kayu. Cara membuatnya adalah dengan memecah lignin secara kimiawi menggunakan senyawa sulfit dan sulfat. Nah, dari proses itu jadilah vanillin yang menjadi sumber aroma vanila buatan.

Vanili kering. (healthyliving.natureloc)

Dipakai untuk campuran membuat aneka makanan, bukan berarti rasanya mirip seratus persen dengan vanili yang asli. Vanilin hanyalah 1 dari 171 komponen aromatik yang terdapat pada vanili asli.

Wah, jadi ngiler membayangkan makan kue yang dibuat dari vanili asli ya? Yuk, kita alokasikan dana dulu buat icip-icip suatu hari nanti. (IB20/E03)