Teknik-Teknik Saucing Dalam Plating Makanan yang Bikin Tampilan Lebih Indah

Teknik-Teknik <em>Saucing</em> Dalam <em>Plating</em> Makanan yang Bikin Tampilan Lebih Indah
Steik dengan teknik droplets. (Inibaru.id/ Artika Sari)

Saucing atau teknik pemberian saus menjadi salah satu hal penting dalam plating. Teknik ini ternyata ada beberapa jenisnya, lo. Apa saja teknik-teknik tersebut?

Inibaru.id – Seni menata makanan atau food plating nggak lepas dari saucing. Saucing alias proses pemberian saus memang menjadi salah satu hal yang mempengaruhi tampilan suatu makanan.

Nah, saucing terdiri atas beberapa teknik, lo. Yuk, kulik dulu apa saja teknik-tekniknya.

Droplets

Teknik droplets. (Inibaru.id/ Artika Sari)

Pernah melihat makanan dengan saus meluber atau membentuk titik-titik kecil? Sekilas, ini mungkin mengingatkanmu pada cat yang jatuh di lantai rumah. Hm, dalam kuliner, teknik saucing ini disebut droplets.

Tetesan-tetesan ini nggak jarang dibentuk koki di luar makanan utama. Ada yang memakai pola, ada pula yang acak. Walau terkesan acak, bukankah teknik ini bikin makanan jadi lebih indah?

Lines

https://i.pinimg.com/originals/d7/c0/e0/d7c0e0dbf699bfae9ea1174f14f62a4e.jpg

Teknik lines. (pinimg.com)

Selain droplets, ada pula teknik lines. Seperti namanya, teknik ini digunakan untuk membentuk baris dalam makanan. Dengan garis sederhana pun, makanan kelihatan jadi tambah cantik, ya!

Brush

https://cookniche.com/Members/images/photos/171010-052545-1MichelderGaspard.JPG

Teknik brush. (cookniche.com)

Brush berbeda dengan droplets yang terkesan seperti “tumpahan yang nggak disengaja”. Teknik ini justru menampilkan kesan rapi. Ibarat dinding yang baru dicat, teknik brush membuat saus tampak bagai cat yang ditempelkan pada piring. Menarik, kan?

Dari ketiga jenis teknik tersebut, mana yang paling kamu suka, Millens? (IB15/E03)