Mengenal Soto Tauto Khas Pekalongan, Akulturasi Kuliner Tiongkok dengan India

Ada yang unik saat kamu mencicipi soto tauto khas Pekalongan. Akulturasi kuliner India dan Tiongkok menghasilkan rasa pedas yang unik khas tauco yang berpadu dengan kuah soto yang segar.

Mengenal Soto Tauto Khas Pekalongan, Akulturasi Kuliner Tiongkok dengan India
Soto tauto. (Merahputih)

Inibaru.id – Soto tauto dan Pekalongan seolah merupakan satu kesatuan. Pencinta kuliner yang pernah ke Kota Batik pasti pernah mencicipi soto pedas tersebut. Seperti namanya, kekhasan soto tauto terletak pada campuran tauto yang nikmat!

Kita tahu, soto tauto terbuat dari campuran tauco. Namun, nggak banyak yang tahu kalau tauco berasal dari India. Sementara, soto konon berakar pada masakan Tiongkok bernama caudo.

Soto Tauto. (Instagram)

Maka, bisa dibilang soto tauto merupakan perpaduan dua kuliner beda negara: India dan Tiongkok. Kala itu, masyarakat kedua negara tersebut memang banyak yang bermukim di Pekalongan.

Berbeda dengan kebanyakan soto yang bening, soto tauto tampak lebih kental berwarna kemerahan. Soto tauto kebanyakan menggunakan daging kerbau, alih-alih daging sapi atau ayam, meski ada juga yang menyediakan kedua daging itu.

Soto tauto juga nikmat dipadu dengan nasi. (Instagram)

Dengan suwiran daging, tauge rebus, dan bihun, bisa dibayangkan kan seenak apa tauto ini. Asam, manis, dan pedas berpadu jadi satu dalam mangkok.

Duh, jadi pengin mencicipi soto tauto nih. Ada yang mau ikut ke Pekalongan? (IB15/E03)