Mengenal Slondok Krepus, Kerupuk Gurih dari Magelang

Mengenal Slondok Krepus, Kerupuk Gurih dari Magelang
Slondok Krepus. (Detik)

Gurih, renyah, manis. Kamu mungkin akan sepakat menjawab dengan tiga kata itu jika ditanya seperti apa rasa slondok krepus. Makanan khas Desa Kenalan ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu bawa untuk keluarga. Gimana rasanya?

Inibaru.id – Jawa Tengah memiliki pelbagai jenis kerupuk. Selain sebagai camilan, kerupuk juga nyaris nggak ketinggalan sebagai pendamping makan besar. Bicara tentang jenisnya, Kabupaten Magelang pun punya kerupuk khas yakni slondok krepus. Rasanya? Hm, nggak kalah gurih dari kerupuk-kerupuk lain.

Bagi kamu yang berasal dari luar Magelang, mungkin kerupuk ini asing didengar. Berbahan baku singkong, slondok krepus diproduksi di Desa Kenalan. Lantaran menjadi sentra pembuatan, nggak heran desa ini dikunjungi wisatawan yang pengin menjadikan slondok krepus sebagai oleh-oleh.

Selain singkong, slondok krepus juga menggunakan bahan-bahan lain yakni garam, ketumbar, kemiri, dan bawang putih. Cara bikinnya relatif gampang, Millens.

Setelah dikupas dan dicuci bersih, singkong lantas dikukus hingga matang. Jika sudah matang, barulah umbi ini ditumbuk dan dibumbui hingga adonannya menyerupai gethuk. Singkong selanjutnya digiling dan dibentuk persegi sebelum akhirnya dijemur selama sekitar lima jam. Jika sudah kering, barulah slondok krepus bisa digoreng.

Slondok krepus biasanya dijual dalam bentuk mentahan atau sudah digoreng. Per kilogram kerupuk ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000. Untuk mencicipi manis dan renyahnya slondok krepus, rasanya harga tersebut masih terjangkau, kan?

Eh, kamu mau makan? Ngemil kerupuk boleh-boleh saja, asal jangan lupa rajin olahraga ya. (IB15/E03)