Mengenal Kuliner Khas Tegal, Nasi Bogana

Mengenal Kuliner Khas Tegal, Nasi Bogana
Nasi bogana dengan isian komplet. (Instagram/nasibogana.id via IDNTimes)

Nasi bogana adalah salah satu kuliner khas Tegal yang sangat terkenal. Dalam satu porsi menu ini terdiri atas nasi gurih, suwiran ayam kari, oseng kacang panjang, telur pindang, serundeng sapi, sambal goreng hati ampela, irisan tahu, dan tempe bacem. Nasi ini makin yahud dengan sensasi pedas sambal bawang.

Inibaru.id - Saat mendengar nama Tegal, mungkin yang terlintas di benak kita adalah warung tegal atau warteg. Sebabnya, Tegal merupakan daerah yang mempopulerkan warung rakyat ini hingga "menginvasi" seluruh negeri.

Tapi selain aneka menu di warteg, ada lagi kuliner khas yang wajib kamu coba yaitu nasi bogana.

Nasi bogana merupakan nasi gurih yang dilengkapi ayam kari yang disuwir-suwir, oseng kacang panjang, telur pindang, serundeng sapi, sambal goreng hati ampela, irisan tahu, dan tempe bacem. Nggak lupa sambal bawang yang bikin kamu makin berselera.

Aroma nasi makin sedap karena disajikan pada daun pisang.

Karena disajikan dengan aneka lauk dan pelengkap, rasanya nasi ini bakal bikin kamu kenyang sampai waktu makan berikutnya. Nasi ini juga pas dinikmati kapan saja.

Sejarah Nasi Bogana

Tegal nggak cuma terkenal akan wartegnya tapi juga nasi bogana. (Travelingyuk via Inibaru.id)
Tegal nggak cuma terkenal akan wartegnya tapi juga nasi bogana. (Travelingyuk via Inibaru.id)

Sepertinya menarik ya kalau asal usul nasi bogana bisa diulik. Sayangnya, belum ada sumber pasti mengenai sejarah terciptanya nasi ini. Namun, beberapa sumber menyebut nasi bogana berasal dari Kesultanan Cirebon.

Ini mungkin saja, Millens. Meskipun Tegal dan Cirebon terpisah secara administratif, namun dari sisi geografis berdekatan dan sama-sama dalam wilayah Pantai Utara. Kalau ditilik dari aspek sosial, ekonomi, kuliner, dan budaya, Cirebon dan Tegal mempunyai banyak kemiripan.

Jadi sepertinya wajar ya kalau kuliner ini bisa ditemukan di kedua wilayah ini? Dari segi bahasa, kata “bogana” berasal dari bahasa Sunda “saboga-bogana” yang artinya “seadanya” atau “semampunya”. Ini dianggap sebagai ungkapan rasa syukur akan karunia Sang Pencipta.

Seperti halnya tumpeng, nasi bogana kerap disajikan pada upacara adat, selamatan, ataupun syukuran. Dalam penyajian, nasi bogana terdiri atas beberapa jenis lauk dan sayur sebagai simbol karakter kuliner Nusantara yang bermacam-macam. Penyajian khas yaitu dengan membungkusnya dalam daun pisang atau jati.

Salah satu referensi untuk mencicipi nasi bogana khas Tegal yaitu di warung Ny Pan. Di sana seporsi nasi bogana dibanderol Rp 13ribu. Terjangkau banget kan? Lokasinya ada di gang Kong Kwan, Tegal. Tempat ini buka dari pukul 6 pagi sampai 4 sore.

Jadi, kapan mampir, Millens? (Idn,Tri/MG44/E05)