Mengenal Gembus, Makanan Olahan Singkong Khas Cilacap

Mengenal Gembus, Makanan Olahan Singkong Khas Cilacap
Gembus, makanan khas Cilacap yang wajib kamu coba. (Instagram/namjaravindra via IDNtimes)

Biarpun tradisional, jajanan gembus ini masih kerap dicari oleh pencinta kuliner nusantara lo. Gembus adalah makanan khas Cilacap yang berbahan dasar singkong. Seperti apa kuliner unik yang satu ini?

Inibaru.id - Gembus merupakan makanan khas dari Kota Cilacap. Meskipun bentuknya sederhana, tapi jajanan pasar ini kerap dicari. Sekilas tampilannya mirip donat, tapi gembus terbuat dari singkong. Rasanya gurih dan cocok dijadikan camilan keluarga di rumah. 

Kalau kamu baru kali pertama mendengar istilah gembus, maka wajib banget nih kenalan dengan jajanan tradisional ini. Dijamin, kamu pasti bakal penasaran dan tergugah untuk mencicipinya.

1.  Sering Ditemui di Acara Hajatan

Di Cilacap, gembus biasa disajikan pada acara hajatan. Sudah seperti menu wajib deh. Rasanya bakal mantap banget jika dinikmati dengan segelas teh hangat. 

2.  Tekstur dan Cita Rasa Gembus

Gembus ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan makanan yang gurih dan sedikit asin. Ukurannya mirip seperti donat yang lebih kecil. Teksturnya kenyal ketika digigit. Hmmm, dijamin kamu pasti ketagihan deh.

3.  Ciri Khas Penjaja Kuliner Gembus

Cara unik menggoreng gembus. (Instagram/wildanazmil via IDNtimes)
Cara unik menggoreng gembus. (Instagram/wildanazmil via IDNtimes)

Bagi kamu yang sedang berlibur di Cilacap dan pengn mencicipi gembus, kamu nggak perlu khawatir. Biasanya penjual gembus dapat dijumpai pada sore hari sampai malam hari. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan jajanan ini di pasar malam atau saat ada pagelaran wayang kulit.

Biasanya penjual gembus menggunakan kompor kecil, wajan, dan kotak kayu sebagai tempat untuk meletakkan gembus yang masih mentah. Ada yang unik lo, dari bentuk perkakas yang digunakan untuk meniriskan gembus yang sudah matang. Bentuk perkakasnya panjang seperti tusuk sate, tapi terbuat dari alumunium dan ukurannya lebih besar. Nah, untuk gembus-gembus yang sudah matang akan dijejerkan di perkakas alumunium tadi.

Setelah itu, gembus pun akan diikat persepuluh biji menggunakan tali yang terbuat dari bilah bambu yang tipis. 

4.  Paling Nikmat Kala Hangat

Bagi kamu yang ingin mencicipi gembus, usahakan dimakan pas lagi hangat-hangat ya, Millens. Karena kalau kamu mencicipinya saat sudah dingin, tekstur dari gembus akan terasa agak alot dan kurang nikmat. Biar tambah ajib, segelas teh atau kopi hangat bakal menyempurnakannya. Duh, bikin ngiler kan?

5.  Bisa Menjadi Lauk Pecel

Selain harus dinikmati selagi hangat, kamu juga bisa menikmati gembus dengan pecel dan mendoan khas Cilacap lo. Rasa pedas dan gurih dengan tekstur kenyal yang bercampur menjadi satu, dijamin bikin lidah kamu bergoyang, deh!

Nah itu dia sedikit penjelasan mengenai makanan gembus khas Cilacap. Jangan lupa untuk berburu gembus kalau mampir di Cilacap ya, Millens(Idn,Tri/MG42/E05)