Mengenal Cimplung, Kuliner Manis untuk Berbuka Puasa dari Banyumas

Mengenal Cimplung, Kuliner Manis untuk Berbuka Puasa dari Banyumas
Cimplung. (resepnusantara.id)

Manis dan legit, itu kesan yang kamu dapatkan saat mencicipi cimplung, camilan khas Kabupaten Banyumas. Sebagai pembatal puasa, cimplung bisa menjadi pilihan yang pas. Di mana bisa membeli camilan ini?

Inibaru.idBerbukalah dengan yang manis. Ungkapan ini biasanya ramai diucapkan saat Ramadan. Makanan-makanan manis seperti puding, kolak, hingga kurma disajikan di atas meja makan untuk mengganti energi yang hilang.

Bagi kamu yang berada di Sokaraja, Banyumas, cimplung tentu bisa menjadi salah satu alternatif pengganjal perut yang lapar. Rasa yang manis membuat cimplung cocok kamu jadikan hidangan pembatal puasa.

Rasa manis ini didapatkan dari gula jawa yang menjadi campurannya. Singkong atau pisang menjadi bahan dasar pembuatan makanan tersebut. Selain gula jawa, bahan-bahan seperti garam, air, dan gula pasir pun diperlukan.

Supaya rasa manisnya makin meresap, ada pula yang mengganti air putih dengan air kelapa alias degan. Hm, kebayang kan rasanya seperti apa?

https://s4.bukalapak.com/img/97895383/large/Cimplung.png

Rasanya legit, lo. (bukalapak.com)

Kalau malas membuatnya, kamu juga bisa beli, lo. Kamu bisa menemukan makanan ini di beberapa stan di GOR Satria yang beralamat di Jalan Prof Dr Suharso, Purwokerto. Harganya murah kok. Untuk sebungkus cimplung, penjual biasanya mematok harga sekitar Rp 5.000 saja. Nggak perlu ribet memasak kan?

Sebelum menyantapnya, jangan lupa siapkan teh hangat atau kopi dulu ya. Berbuka puasa jadi tambah nikmat, kan? (IB15/E03)