Mengapa Kurma Cocok Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa?

Mengapa Kurma Cocok Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa?
Kurma, si manis yang menyehatkan ini memang paling cocok buat camilan buka puasa. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Rasulullah menganjurkan umat Muslim untuk berbuka dengan yang manis. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah kurma. Hanya, apa alasan kurma cocok untuk dikonsumsi saat berbuka?

Inibaru.id - Setelah seharian nggak mendapat asupan makanan dan minuman, tubuh kamu pasti jadi lemas dan dehidrasi. Buka puasa pun harus dilakukan dengan tepat agar bisa mengembalikan energi dan keseimbangan cairan tubuh.

Ahli nutrisi Dr Tan Shot Yen, M.Hum mengatakan bahwa air adalah satu-satunya cairan yang bisa diterima tubuh dengan sangat baik. Oleh karena itu, minum segelas air ketika berbuka sangat direkomendasikan demi mengatasi dehidrasi.

Setelah meneguk segelas air, kamu bisa mengonsumsi kurma untuk mengembalikan energi tubuh dan menaikkan kadar gula darah. Kurma juga bisa membantu mempersiapkan sistem pencernaan sebelum mengonsumsi makanan lainnya.

Tak hanya manis, kurma juga tinggi kandungan antioksidan dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Meskipun kandungan gulanya cukup tinggi, kurma juga tinggi serat, lo. Serat sangat bagus untuk pencernaan kamu. Selain itu, keberadaan serat ini juga bisa menahan kadar gula darah agar tidak naik dengan drastis.

Kurma cocok untuk dikonsumsi saat buka puasa (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Kurma cocok untuk dikonsumsi saat buka puasa (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Selain dengan kurma, kamu sebenarnya juga tetap bisa berbuka dengan yang manis asalkan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat lainnya. Sebagai contoh, ada banyak sekali buah-buahan segar dan manis yang bisa kamu pilih.

"Coba pakai soto, sup. Anda bisa makan duluan (lauk) makan malamnya," kata dokter Tan.

Dokter Tan juga menyarankan Umat Muslim untuk berbuka puasa sesuai dengan contoh Nabi. Sebagai contoh, Dia menganjurkan berbuka dengan yang manis dan mengonsumsi kurma berjumlah ganjil.

Tapi jangan sampai kalap saat berbuka. Tetap makan secukupnya dan pastikan makananmu memiliki kadar gizi yang seimbang. Jika tidak, perut justru akan terasa begah dan nggak nyaman.

"Mulailah 'bangunkan' badannya. Nomor satu yang penting ketika buka puasa adalah rehidrasi, bangunkan badannya baru bisa makan," paparnya.

Kamu suka makan kurma saat berbuka puasa nggak, Millens. Atau, kamu memiliki rekomendasi lainnya yang lebih nikmat, nih? (Kom/MG27/E07)