Meneguk Keindahan Secangkir Cafe Latte di Coffee Folia

Meneguk Keindahan Secangkir Cafe Latte di Coffee Folia
Cafe Latte di Coffee Folia. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Menikmati secangkir cafe latte sambil membaca buku atau ngobrol ringan dengan teman-teman di sini pasti bakal menyenangkan. Begini ulasan ngopi di Coffee Folia.

Inibaru.id – Cafe latte adalah salah satu varian kopi yang disukai anak muda. Dengan gambar cantik di atas kopi, cafe latte semakin menarik perhatian penikmat kopi. Nah, di daerah Sekaran, Gunungpati, Semarang, kamu bisa menemukan sajian cafe latte ini di Coffee Folia.

Coffee shop ini memang terletak jauh dari pusat Kota Semarang. Namun, kafe yang berdiri sejak 2013 itu nggak kehilangan peminat. Lokasi kafe yang dekat dengan lingkungan Universitas Negeri Semarang membuat kafe ini kerap dikunjungi mahasiswa.

Salah satu sudut Coffee Folia yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati sajian kafe tersebut. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Selain itu, salah seorang barista kafe ini Muhammad Sugeng Prayitno mengklaim hanya Coffee Folia yang menyajikan latte di sekitar Sekaran. Karena itulah, kafe ini jadi rujukan para penikmat latte di daerah Semarang “atas”.

Secara umum, latte merupakan perpaduan antara espresso dan steamed milk ditambah dengan micro foam di atasnya. Micro foam itu biasanya digambar atau yang kerap disebut latte art. Khusus untuk espresso yang disajikan pada latte, Coffee Folia punya takaran khusus, Millens.

“Kalau latte itu takarannya 60 persen Arabika, 40 persen Robusta,” jelas Sugeng.

Menurut Sugeng, takaran espresso itu dinilai pas untuk dicampurkan dengan steamed milk. Namun, dengan takaran itu, espresso nggak direkomendasikan diminum tanpa campuran apapun.

Saat saya berkunjung ke Coffee Folia baru-baru ini, saya mencoba cafe latte-nya. Latte disajikan di dalam cangkir berwarna gelap lengkap dengan gula saset dan sendok pengaduk. Kala itu, latte tersaji dengan gambar bunga tulip di atasnya. Satu kata, cantik!

Sajian cafe latte dan apple pie di Coffee Folia. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Karena merasa “sayang” kalau latte-nya langsung diminum tanpa diabadikan gambarnya, akhirnya saya memotret latte itu sampai puas. Barulah setelah itu saya minum. Maklum, membuat latte art itu nggak mudah, jadi bakal sayang banget kalau secepat itu “dihancurkan”. Ha-ha.

Ketika meneguk latte, rasa pahit dari espresso langsung terasa karena saya sengaja nggak menambahkan gula. Rasa pahit itu diikuti dengan foam dari steamed milk yang sedikit memberi sensasi manis. Namun, karena ini latte, jadi busanya nggak terlalu tebal seperti capuccino.

Menurut saya yang nggak terlalu suka latte, rasa cafe latte di sini cukup enak. Latte yang saya minum setidaknya bisa membuat mata saya ngejreng kembali setelah sempat ngantuk.

Untuk menikmati secangkir latte, kamu perlu merogoh kocek sebanyak Rp 23.000. Bagi mahasiswa yang dompetnya tipis, mungkin akan berpikir dua kali bila hendak membelinya. Namun, harga tersebut termasuk wajar mengingat ini adalah coffee shop.

Apple pie, salah satu menu di Coffee Folia. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Bagi yang nggak suka ngopi, kamu juga bisa memesan menu lain di kafe yang berkonsep simpel tapi fresh ini, kok. Selain latte dan aneka kopi, Coffee Folia juga menyediakan beragam minuman seperti Red Velvet, Green Tea Matcha, dan Es Kopi Marem. Tersedia juga beberapa camilan seperti kentang goreng dan pie beraneka buah. Sedikit bocoran, pie apelnya enak banget! Ha-ha.

Gimana, tertarik mencicipi latte di Coffee Folia? (Ida Fitriyah/E05)

 

Coffee Folia

Alamat             : Jalan Taman Siswa no 70, Sekaran, Gunungpati, Semarang (Sebelum Pasar Krempyeng)

Jam Buka         : 13.00 - 00.00 WIB

Harga Minuman : Rp 13.000 - Rp 24.000

Harga Makanan : Rp 12.000