Menyontek Resep Bubur India yang Legendaris

Menyontek Resep Bubur India yang Legendaris
Bubur India yang baru selesai dimasak tanpa tambahan lauk apa pun. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Bubur India selalu jadi tradisi di Masjid Jami’ Pekojan Semarang ketika bulan Ramadan. Disajikan untuk menjamu jemaah yang berbuka di masjid tersebut, bubur ini memiliki cita rasa lezat yang patut kamu coba.

Inibaru.id - Bosan nggak sih kalau setiap hari berbuka dengan nasi? Jika iya, kamu perlu tahu menu berbuka puasa yang satu ini. Bubur India yang disajikan oleh panitia buka bersama di Masjid Jami’ Pekojan Semarang ini hanya bisa ditemukan pada saat bulan Ramadan.

Berbeda dengan bubur pada umumnya, bubur ini bercita rasa gurih dan sedap karena beberapa rempah yang turut dimasak bersamaan. Aroma sedapnya muncul ketika bubur ini keluar dari kuali. Begitu meluncur ke mulut, bubur ini akan terasa sangat gurih dan berempah.

Takmir masjid sedang menyiapkan bahan-bahan bubur India. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Bahan dasar bubur ini sama seperti bubur yang lainnya. Hanya saja, penggunaan berbagai macam rempah turut memberikan cita rasa yang berbeda. Beberapa rempah dan bahan yang dimasukkan ke dalam racikan bubur ini adalah serai, daun salam, daun bawang, seledri, kayu manis, santan, dan bawang putih. Untuk airnya, menggunakan air kaldu yang terbuat dari iga dan sengkel sapi.

Pembuatannya pun cukup mudah. Cukup rebus air dan kaldu sapi hingga mendidih, lalu masukkan berbagai rempah yang sudah dipotong kecil beserta beras yang sudah dicuci bersih. Jangan lupa tambahkan santan kental sambil terus diaduk agar nggak gosong. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat bubur ini dalam porsi besar sekitar 3 jam.

Penampakan bubur india lengkap dengan sayur kuah opor dan telur rebus. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Saking enaknya, bubur ini bisa langsng kamu lahap tanpa tambahan sayur apapun lo. Tapi biasanya bubur ini disajikan dengan opor atau gulai. Wah, kebayang ya gimana enaknya.

Untuk bisa menikmati kelezatan bubur ini secara cuma-cuma, kamu bisa dateng ke Masjid Jami’ Pekojan Semarang yang berada di Jalan Petolongan nomor 1 Semarang menjelang waktu berbuka puasa. Kamu akan mendapatkan semangkuk bubur lengkap dengan lauknya.

Nah jika kamu nggak sempat, kamu bisa lo menyontek resep bubur India yang sudah dilestarikan selama kurang lebih 100 tahun ini. Gimana menurutmu? Mudah banget kan cara buatnya? (Zulfa Anisah/E05)