Mencoba Saus Pasta Siap Saji dari Kartasura yang Punya Ekstra Potongan Daging

Mencoba Saus Pasta Siap Saji dari Kartasura yang Punya Ekstra Potongan Daging
Larissso Sauce. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Kemajuan ekonomi kreatif lokal semakin kentara, salah satunya di bidang kuliner. Yuk, cari tahu salah satu produknya, saus pasta lokal dari Kartasura.

Inibaru.id – Di Kartasura, Sukoharjo, ada bisnis kuliner rumahan yang memproduksi saus pasta siap saji. Saus pasta produk lokal ini merupakan makanan khas Italia yang dikreasikan dengan selera kuliner di Indonesia, Millens.

Kata pemiliknya, Riri Stafati, penyesuaian rasa ini jadi hal penting. Itu dilakukan karena setiap tempat punya selera rasa yang berbeda. Dalam hal ini, budaya kuliner di Indonesia lebih akrab dengan bumbu-bumbu rempah-rempah. Karena itulah, produk yang dinamakan LaRisso Sauce menambahkan rasa rempah di saus pastanya.

Larissso Sauce. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

“Jadi cita rasanya lebih cocok di lidah orang-orang indonesia.  Kalau sekarang kan saus pasta itu kebanyakan impor dan rasanya lebih plain, nah kalau rasa saus kita lebih cocok karena rempah-rempahnya bikin taste-nya lebih berasa,” katanya.

Saat bertemu dengan Riri beberapa waktu lalu, Inibaru mencoba produk lokal tersebut, Millens. Saat itu, saus disajikan dengan spageti.

Sambil mempersiapkan spageti dan Larissso Sauce, Riri menyebut bahwa saus pastanya nggak cuma bisa disajikan dengan pasta. Tapi, bisa juga dijadikan sebagai olesan roti, topping pizza, dan bumbu nasi goreng.

Nggak berselang lama, aroma pasta mulai tercium. Ada dua rasa yang disajikan, Spicy Tuna dan Bolognese BBQ. Nggak lupa, ditambah dengan taburan keju di atasnya. Nyam!

Cita rasa Spicy Tuna cukup pedas namun dikombinasikan dengan rasa asam dan manis. Rasa pedasnya berbeda dengan pedas makanan Eropa.

Larissso Sauce. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Biasanya, makanan Eropa cenderung menggunakan lada agar rasanya pedas. Nah, kalau LaRissso Sauce, rasa pedasnya mengingatkan pada cita rasa cabai rawit merah. Yap, cabai rawit merah memang cita rasa pedas yang akrab di lidah orang-orang Indonesia. Pedasnya cukup menggigit, Millens.

Sementara itu, saus Bolongnese BBQ lebih otentik dengan cita rasa makanan Eropa. Buat kamu yang lebih suka dengan cita rasa tersebut, kamu bisa memilih saus ini. Rasanya asam manis, tapi tetap terasa gurih.

Satu hal yang bikin produk saus ini istimewa adalah isian sausnya yang melimpah. Jika dibandingkan dengan saus pasta siap saji yang saya temukan di pasaran, harga LaRissso Sauce memang lebih mahal. Namun, jika membandingkan porsi potongan daging, bawang, dan tomatnya, maka harga tersebut sangat sesuai, Millens.

Larissso Sauce. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Wah, keren banget kan produk lokal asal Kartasura ini? Kalau kamu mau beli, bisa melalui Instagram-nya @LarisssoSauce, ya! karena hingga saat ini penjualannya masih dilakukan secara daring. (Verawati Meidiana/E05)

 

LaRissso Sauce

Kategori      : Bisnis Kuliner Online

Alamat        : Jalan Elang Mas XII Perum Gonilan Asri 2 Nomor 6, Kartasura, Sukoharjo

Harga Menu : Rp 10.000 s.d. Rp 55.000