Segar, Gurih, dan Sedapnya Soto Segeer Mbok Giyem

Segar, Gurih, dan Sedapnya Soto Segeer Mbok Giyem
Soto Segeer Mbok Giyem (Instagram.com/@Kyfoodstagram)

Dengan 45 cabang yang mereka miliki, Soto Segeer Mbok Giyem tentu bukanlah kedai biasa. Senikmat apa sih soto legendaris ini?

Inibaru.id – Entah sudah berapa banyak artis nasional yang pernah datang ke rumah makan ini. Namanya Rumah Makan Soto Segeer Mbok Giyem. Pernah dengar restoran itu, dong? Angel Lelga, Sahrul Gunawan, hingga Tukul Arwana adalah sejumlah "orang penting" yang pernah mampir ke sana.

Berada di Jalan Garuda, samping Pasar Sunggingan, Boyolali, Jawa Tengah, Soto Segeer Mbok Giyem memang legendaris. Nggak kurang dari 45 cabang telah mereka buka, yang tersebar di sejumlah kota di luar Boyolali. Itu belum termasuk "tiruan" mereka.

Kuah yang segar dan rasa soto yang khas menjadi andalan rumah makan yang berdiri sejak 1950 tersebut. Pelbagai lauk tambahan seperti satai telur puyuh, tempe, dan tahu goreng, di sana juga terbilang enak dan lengkap.

Soto Segeer Mbok Giyem dikelola Agus Riyanto dan Fatimah. Sebelum berjualan soto, rumah makan tersebut sejatinya berjualan satai kambing. Namun, melonjaknya harga daging akibat krisis moneter pada 1998 membuat keduanya beralih menjual soto atas saran ibunya.

Berjualan soto bukanlah hal baru bagi Agus. Neneknya dulu juga berjualan soto di depan gedung wayang orang Sriwedari, Solo. Tiada disangka, soto buatan Agus bisa diterima masyarakat. Selain harganya yang murah meriah, rasa soto buatannya juga banyak mendapat respons positif.

Soto ini bisa kamu nikmati dengan aneka lauk yang rasanya nggak kalah enak, lo (Instagram.com/@wonderfannie)

Seiring majunya usaha kuliner tersebut, Agus kemudian menyematkan nama "Mbok Giyem", yang merupakan nama sang ibu, pada rumah makannya. Dengan mengandalkan resep neneknya, Agus melebarkan sayap hingga keluar Jawa.

Aneka lauk di Soto Segeer Mbok Giyem (Instagram.com/@mhdwsn)

Untuk mencicipi kelezatan soto ini, pembeli hanya perlu membayar sebesar Rp 7.000 saja per porsi. Satu mangkok soto juga sudah dilengkapi nasi, potongan daging, taburan daun seledri, dan bawang goreng. Rasanya? Nampol abis! Gurih, sedap, dan segar berpadu dengan pas dalam soto ini.

Selain soto, kamu juga bisa melengkapi makanmu dengan menyantap aneka pilihan lauk seperti satai empela hati, telur puyuh, atau kikil. Kamu juga bisa menambahkan telur dadar, tempe goreng kering, dan lain-lain. Komplet! Nggak salah kalau rumah makan yang dibuka pukul 06.00-18.00 WIB ini dikunjungi banyak pembeli.

Nah, jadi lapar, kan? Kalau Sobat Millens berkunjung ke Boyolali, jangan lupa mampir ke Soto Segeer Mbok Giyem ya! (IB15/E03)