Icip-Icip Nasi Iriban, Kuliner Tempo Dulu dari Desa Lerep
Sajian Nasi Iriban di Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep. (Inibaru.id/ Lala Nilawanti)

Icip-Icip Nasi Iriban, Kuliner Tempo Dulu dari Desa Lerep

Sekarang kamu bisa menikmati Nasi iriban di Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep. Nggak hanya ayam kampungnya dibakar, sayur urapnya juga setali tiga uang. Hmmm!

Inibaru.id - Di atas daun pisang yang digelar memanjang di pinggir aliran sungai, nasi iriban tersaji. Ayam kampung bakar dan sayur urap menjadi pelengkap hidangan dalam Tradisi Iriban tersebut. Namun, kini nggak harus menunggu tradisi bersih sungai itu digelar untuk menikmati penganan khas lereng Gunung Ungaran tersebut.

Nasi iriban bisa kamu nikmati di Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep yang berada di Embung Sembligo, Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, setiap Minggu Pon. Bukan digelar untuk dimakan bersama, nasi iriban di sana dibungkus dengan daun jati yang berlapis daun pisang dan daun aren.

Seporsi nasi iriban berisi nasi putih, sayur urap, ayam kampung bakar, tempe bacem, dan ikan asin. Nggak hanya ayam yang dibakar, sayur urap yang terdiri atas daun singkong dan daun pepaya yang diurap dengan parutan kelapa berbumbu itu juga dibakar di dalam bambu.

Potongan daging ayam kampung yang dibakar sebagai lauk isi Nasi Iriban. (Inibaru.id/ Lala Nilawanti) 

Oya, nasi iriban merupakan sajian wajib pada Tradisi Iriban, sebuah warisan budaya yang telah melekat dalam keseharian warga Desa Lerep. Tradisi berupa bersih sungai itu konon telah dilakukan warga setempat sejak zaman dulu.

Lantaran tradisi yang digelar dua kali dalam setahun, yakni tiap Rabu Kliwon, tersebut masih lestari, resep nasi iriban pun setali tiga uang. Nggak sedikit generasi muda yang masih familiar dengan sajian khas ini karena mereka juga turut terlibat dalam Tradisi Iriban, dan kini Pasar Kuliner Desa Lerep.

Penjual Nasi Iriban di Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep yang menggunakan pakaian tradisional. (Inibaru.id/ Lala Nilawanti) 

Sudarmi, salah seorang penjual di pasar kuliner ini mengatakan, nasi iriban adalah makanan sehat karena mengandung bahan kimia buatan yang membahayakan kesehatan.

“Ini semua bahan alami,” ujarnya sambil membungkus nasi iriban, “Saya juga nggak memakai micin (vetsin), tapi rempah-rempah alami yang diolah dengan cara tradisional biar rasanya tetap sedap.”

Perlu kamu tahu, nasi iriban termasuk penganan yang paling diburu pada Pasar Kuliner Desa Wisata Lerep. Jadi, jangan telat datangnya dan bersiaplah mengantre. Seporsi nasi iriban cuma dibanderol Rp 10 ribu saja. Tertarik untuk mencoba? (Lala Nilawanti/E03)